Sabtu, 14 April 2012

Di mana Kebahagian sesungguhnya



Tulisan ini sengaja ku buat untuk mengenang perjalanan dinas ku selama satu bulan di Pertamina Pemaat 3X REG 80 UE Desa Bandar Agung kec Lubuk batang Kab oku. Semua inspirasi sederhana ini kudapatkan saat berada disana, semua inspirasi ini kudapatkan saat hari-hari ku kuhabiskan di dalam sebua container yang berukuran 3 x 2,5 walau sedikit sibuk  baik saat melaksanakan tugas jaga ataupun dalam kesibukan menyususn tugas akhir kuliahku yaitu membuat skripsi aku berusa sesempat mungkin menuliskan kenangan dan inspirasi yang kudapatkan selama bergabung dengan manusia manusia tangguh seperti mereka. 
Memang terkesan tulisan ini tak ada sama sekali corelasinya dengan perjalanan dinasku namun aku merasa setidaknya kenyamanan serta fasilitas yang di berikan PDSI Pertamina Drilling Service Indonesia kepada ku cukup berkontribusi dalam menggali ide gagasan serta inspirasiku untuk menuliskan sesuatu yang mungkin buat orang hanya menghabis habiskan waktu saja menulis sesuatu yang tak berguna seperti tulisan ini.  Namun setidaknya inilah aku aku berusaha dan akan selalu berusah mengukir semua cerita tentang ku dalam sebua ukiran sederhana di atas kertas yang kelak akan mengingatkan ku akan pentingnya sebuah kenangan .
 Kebahagian …apa itu kebahagian ???? banyak uang ??atau kaya??punya mobil dan kendaraan mewa ? Mepunyai istri cantik ?ataukah suami tampan ??anak-anak yang pintar ??atau menjadi pejabat ternama??? Menjadi orang pintar ??? aPakah semu itu bisa menuntun kita pada suatu rasa bahagaia yang sesunggunya..??? ahhhh … rasanya bukan demikian….esenci terpenting dari apa yang kita sebut kebahagian.
Seorang artis ternama yang tdk perlu saya tuliskan dlam goresan ini namanya , harta sudah berlimpah mobil dan kendaraan yang mewah, namun si artis ternama terjerumus narkoba, artinya dia  tdk menemukan kebahagian dalam hartanya tersebut,ia tidak menemukan ketenangan dari apa yang ia dapatkan sehingga ia mencari kebahagaian yang lain dengan berusaha menemukan kebahagaian yang lainnya dgn berkecimpung di dunia narkoba,dan ternyata di dunia tersebut sama sekali kebahagian  tak jua bisa di dapatkan. Kasus lain juga pernah terjadi seorang pejabat ternama yang gajinya sudah berlimpah di dapati terbaring kaku dalam sebuah kamar di sebuah hotel ternama di karenakan stress akibat mengurus perusahaan, si pengusaha tersebut tewas secara mengenaskan setelah menggantungkan dirinya pada se utas tali sepatu yang tali sepatu tersebut selama ini dipakainy untuk mengurus perusahaannya.  
Namun sebaliknya dalam cerita  yang berbeda yang patut kita contoh dan kita tauladani. Sepasang suami istri yang berprofesi hanya sebagai guru ngaji biasa yang penghasilannya tidak seberapa tapi sepasang suami istri tersebut mampu menanggung dan menghidupi 12 ( dua belas) orang anak yatim piatu  kedua belas anak yatim tersebut mereka rawat didik dengan kasih sayang lalu mereka besarkan hingga kuliah dan menikahkan mereka.
 Seseorang yang dalam segala kekurangan nya dapat dan selalu berusaha berbagi dgn orang-orang yg tdk mampu. dalam segala keterbatasanya dia masih menyempattkan memberi kepada sesama
Dari dua cerita di atas seakan menunjukan kebahagian yang dimiliki nya berlimpa ruah , kebahagian yang ada pada dirinya tak ternilai dan tak terhitung jumlah nya sehingga dia perlu membagi kebahagiannya itu kepada orang orang lain yang membutuhkan nya . mungkin itulah hakikat dan ecensi kebahagiaan yang sesunggunya

Yang perlu digaris bawahi yaitu kekayaan, harta yang berlimpah ataupun kemiskinan tidak dapat dijadikan alat ukur untuk mengetahui apakah seseorang tersebut dalam keadaan bahagia atau tidak.
Rasa senang dan kebahagian yang sesunggunya berasal dari bagai mana kita mengelolah hati kita dari apa yang kita telah dapatkan, artinya apabila hati kita dapat menerima dengan ikhlas dari apa yang kita dapatkan itula ecensi terpenting dari suatu kebahagian dan kesenangan yang sesungguhnya. Kebahagian sejati tidak dapat di beli , kebahagian dan kesenangan tdk dapat di tukar dengan uang, kebahagian tidak dapat di ukur dari kecerdasan dan kepintaran yang dimiliki. Kebahagian tidak dapat di ukur dari besarnya penghasilan (gaji) yang didapatkan . kebahagian tdk dapat di lihat dari suatu profesi baik POLISI,TNI,PNS atau yang lainnya kebahagian sejati tdk dapat di pandang dengan sudut pandang sebatas materi, namun semuanya dapat di lihat dari bagaimana suasana hati. (Gino Makusuci)
Kalau Kalian Mencari AKU   Sungguh Aku  Berada Pada Anak-Anak Yatim Dan Orang Miskin……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung Blog yang baik adalah yang meninggal kan bekas...
jangan perna ragu menyuarakan pendapatmu....