Minggu, 26 Agustus 2012

MENGAPA BAHASA INGGRIS BISA MEMONOPOLI BAHASA DUNIA LAINNYA????


INI MENURUT PENDAPAT SAYA KALAU ADA  PENDAPAT LAIN SILAHKAN KOMENTAR……!!!!!!
Bahasa inggris adalah bahasa universal, bahasa inggris adalah bahasan dunia, sebegitu pentingya bahasa inggris, kini hampir di seluruh Negara di dunia menjadikan bahasa inggris tersebut menjadi standar  kurikulum dalam sekolah. Baik mulai pada level SD sampai perguruan tinggi bahasa inggris menjadi mata pelajaran atau mata kuliah wajib yang tak tertinggalkan. Semua itu bukan tanpa alasan di balik yang tersurat pasti ada yang tersurat pasti ada asbubun nuzul di balik kenapa bahasa inggris itu bisa memonopoli bahasa dunia lainnya.
 Suatu budaya timbul karena adanya suatu kebiasaan, baik kebiasaan dalam hal berpakaian, adat, bergaul , berbicara dan lain-lain yang mana kebiasaan tersebut terjadi dalam suatu tempat atau wilayah tertentu dalam kurun waktu yang cukup lama. sedangkan BAHASA adalah salah satu ciri khas dari suatu kebudayaan. Kenapa bahasa di sebut suatu kebudayaan, jawabannya karena bahasa adalah salah satu media yang digunakan dalam suatu proses komunikasi dalam interaksinya dalam suatu komunitas.
Salah satu   History  mengapa bahasa inggris bisa memonopoli bahasa-bahasa Dunia lainnya diantaranya  yaitu luas nya daera/ Negara jajahan inggris pada zaman dahulu, Negara inggris banyak menjaja Negara besar di EROPA misalnya Siprus, Malta, Amerika Utara Misalnya Kanda, Amerika Tengah  Jamaika, Trinidad Tobago, Dominikan, Termaksud beberapa Negara yang berada di benua Asia dan Australia. Rata-rata Negara Inggris tersebut menjajah dalam kurun waktu yang cukup lama. Sehingga, mengharus kan orang inggris tersebut tinggal, menetap dan berbaur dengan penduduk Pribumi Asli. Yang perlu juga kita ingat bahwa tujuan Negara penjajah tersebut ada tiga aspek yaitu GOLD,GOSPEL, dan GLORY . pada saat itu kebanyakan para penjajah tersebut untuk mencapai tujuan tersebut di daerah – daerah jajahannya  dalam proses komunikasinya menggunakan bahasa Inggris,  kemudian proses komunikasi dan interaksi tersebut terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama sehingga bahasa inggris tersebut menjadi suatu bahasa yang sering digunakan dalam kegiatan  serta aktifitas sehari-hari antara penjaja dan penduduk pribumi (indegenius) .  
Luasnya daerah jajahan ingris di beberapa Negara besar dunia membawa pengaruh besar bagi perkembangan bahasa inggris itu sendiri. Apalagi proses penjajahan tersebut terjadi dalam kurun waktu yang lama dan Ingrris sempat menguasai beberapa Negara penting yang menjadi pusat serta tujuan perdagangan, ataupun jalur perdaganan  kalah itu seperti China, macau Hongkong dan lain-lain.Sehingga, mau tidak mau suka atau tidak orang – orang yang mau melakukan transaksi perdagangan kalah itu harus belajar dan memahami bahasa inggris.
Mungkin itulah salah satu faktor kenapa bahasa inggris sekarang menjadi bahasa Dunia mengapa semua Negara sekarang mempelajari bahasa inggris, dan mengapa sekarang banyak Negara menjadikan bahasa inggris menjadi bahasa Negara mereka. Bahkan di beberapa Negara yang jelas-jelas keturunan bangsa melayu menjadikan bahasa inggris menjadi bagian dari bahasa resmi di Negara mereka misalnya SINGAPORE dan FHILIPHINE , hal itu bukan tidak mungkin di karenakan karena beberapa alasan yang salah satu alasan tersebut seperti yang telah saya uraikan di atas.
Seandainya bangsa indonesia yang menjadi Penjajah Negara-negara besar dunia dahulu kala mungkin saat ini bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa dunia dan kita tidak usah lagi repot-repot mempelajari bahasa inggris, serta mengikuti kursus dan pelatihan – pelatihan untuk memperdalam bahasa inggris. Namun demikian bukan itu esensi terpenting penulis menulis article ini. Karena penulis tidak terlalu banyak mengetahui biografi tokoh-tokoh kolonis dari inggris, ataupun  sejarah sejarah daerah jajahan inggris yang pernah meraka kuasai dalam kurun waktu yang lama. Out line di atas sekedar pembuka tulisan sebenarnya yang berjudul BAHASA INGGRIS ITU SUSAH-SUSAH GAMPANG pada article berikutnya.



2 komentar:

Unknown mengatakan...

sip. kita lebih baik fokus pada apa yang kita miliki . bukan pada milik orang lain.

Gino Makusuci,S.I.kom mengatakan...

betul sekali mbak ina susanti,,saya setujuh..

trims kunjungannya di blogku

Posting Komentar

Pengunjung Blog yang baik adalah yang meninggal kan bekas...
jangan perna ragu menyuarakan pendapatmu....