Kamis, 31 Juli 2014

Cara Mengatasi Cegukan

Bismillahirrohmanirrohim
Para pembaca yang saya hormati tulisan ini sengaja penulis buat  sekedar untuk berbagi solusi apa bila kalian mengalami hal yang sama sebagai mana yang saya alami beberapa minggu yang lalu. sebelum membahas masalah yang akan saya ketengahkan rasanya tidak etis kalau saya tidak mengetengakan atau memberikan mukhodima sebagai pengantar tentang apa yang akan saya tuliskan ya kalau dalam penulisan skripsi mungkin ini sejenis "Landasan teori"

Dalam kesempatan kali ini penulis akan mencoba membahas dan mengetengahkan masalah ya... bisa dikatakan kecil dan sepeleh namun cukup mengganggu aktivitas kalau berlangsung lama. Walaupun Penulis bukan Dokter dan ahli dalam bidang kesehatan namun, setidaknya dasar dan referensi yang saya ketengahkan berdasarkan suatu pengalaman dan terbukti pengalam tersebut menjadi suatu bahan pembelajaran yang dapat saya bagikan dengan pembaca sekalian. 
Ilustrasi Gambar wanita sedang cegukan 

Cegukan...
Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara. Secara medis, cegukan dikenal sebagai singultus yakni kondisi diafragma yang mengejang di luar kemauan. Cegukan cenderung terjadi ketika tingkat karbondioksida dalam darah merosot terlalu rendah. Selain itu, makanan pedas dan alkohol terkadang juga menjadi pemicu cegukan. Makanan pedas, seperti cabai, lada, dan makanan kari bisa menimbulkan cegukan yang berlangsung selama lebih dari 1 menit. Sedangkan, alkohol yang diminum terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi pada saraf yang berfungsi mengendalikan diafragma. Saraf cenderung mendorong terjadinya kejang di dalam otot dan menyebabkan cegukan. http://www.lintas.me

Jenis Cegukan 

1. Cegukan yang bersifat ringan,
Berlangsung selama 1–2 jam saja. Penyebab paling sering pada kategori ini karena adanya regangan pada lambung. Selain itu, juga karena perubahan cuaca mendadak (misalnya dari dingin ke panas atau sebaliknya), makan tergesa-gesa, makan makanan yang terlalu panas atau dingin, meminum minuman beralkohol atau berkarbonasi, merokok terlalu banyak, atau mengalami stres.

2. Cegukan yang bersifat tetap/permanen (persistence),
Terjadi terus-menerus, tak hanya berhari-hari tapi bisa berbulan-bulan. Cegukan jenis ini merupakan gejala adanya gangguan diotak (misalnya gejala tumor di batang otak), gejala stroke (pada penderita stroke sering timbul cegukan), infeksi disusunan saraf pusat (otak), adanya herpes di dada sehingga mengganggu saraf tepi, selain itu juga karena gangguan metabolik seperti pada penderita diabetes, atau penderita kelainan ginjal karena uremia. Juga karena gangguan elektrolit (kurang kalium), termasuk pengaruh obat-obatan seperti steroid atau obat tidur.

Penyebab terjadinya cegukan 
Terkadang cegukan muncul pada situasi-situasi tertentu. seperti makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan minuman beralkohol. Selain itu cegukan juga disebabkan karena tekanan saraf frenik oleh struktur anatomi yang lain, atau karena tumor dan penyakit ginjal lainnya.

Para pembaca sekalaian setelah mengetahui sekelumit masalah cegukan dan penyebabnya  saat nya saya memaparkan dan menjelaskan solusi/cara mengatasinya berdasarkan pengalaman pribadi saya beberapa minggu yang lalu : 

  1. ambilah segelas air putih hangat/dingin kemudian minumlah air di gelas tersebut dengan cara menahan napas dan hidung ditutup dengan jari anda. usahakan air digelas tersebut dihabiskan dalam satu kali tegukan/minum .kalau dalam satu kali minum cegukan masih terjadi ulangi lagi sampai 2,3 kali. namun biasanya cegukan akan segera sembuh dalam sekali tegukan.
  1. Jika anda cegukan dalam keadaan berpuasa mustahil anda membatalakan puasa anda hanya karena ingin mengobati cegukan. hal yang harus anda lakukan adalah: ambil posisi terlentang dada menghadap ke atas, luruskan  dan rapatkan kaki anda kemudian luruskan juga tangan ke atas kepala (dengan cara tangan menempel di lantasi) kemudian angkat kaki kanan anda / tengkukkan kaki kanan anda sampai telapak kaki kanan menginjak lantai, kemudian luruskan kedua tangan anda dengan cara masukan /satukan  cela cela jari kanan dan kiri satu sama lain kemudian, dorong sekuat -kuatnya , ke ara atas kepala ( menempel degan lantai)  pada saat anda mendorong tangan anda tolehkan kepala anda ke kiri atau kanan  sekuat kemampuan yang anda bisa dan tahan hingga beberapa menit.  
  1. Yang terakhir adalah coba diusahakan mencari balon yang agak besar kemudian tiup balon tersebut hingga besar lalu hisap kembali udara yang ada di dalam balon tersebut. 
  • Para pembaca sekalian dari ketiga tips di atas berdasarkan pengalaman yang saya alami tips no 1 dan 2 yang paling ampuh.. bahkan untuk tips yang no 1 dan 2 dari beberapa kali saya mengalami cegukan cukup sekali saja saya praktekan dan langsung sembuh. 
  • semoga article nya bermanfaat. wassalam (Pengalaman Pribadi Cegukan dibulan Puasa)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung Blog yang baik adalah yang meninggal kan bekas...
jangan perna ragu menyuarakan pendapatmu....