Jumat, 04 November 2011

Kacamata Untuk Bunda……

          
                Walau terkesan tak terarah ..dan mungkin membuat pembacanya sedikit bingung dengan jalan ceritanya …namun dengan segala keterbatasan nya akhirnya cerpen sederhana ini bisa juga terselesaikan..maklum saja karena penulis bukan seorang pujangga yang pandai merangkai kata-kata…jadi mungkin sedikit hikmah yg bisa di ambil dari cerita ini….namun di sini tak  ada maksud lain penulis menulis cerpen ini …penulis hanya ingin mengenang sebuah peristiwa ..yg terjadi pada seorang sahabat…penulis bermaksud suatu ketika membaca tulisan ini  ..saat itu juga penulis teringat dengan kenangan –kenangan indah bersamanya..dan berharap saat itu juga terucap doa nan ikhlas untuknya…amin..
Selamat Membaca ya……!!!!!!!
5 tahun waktu yang lumayan sudah cukup  lama…bagi angga…tdk bertemu dengan orang tua nya..adik-adiknya serta keluarga besarnya di Baturaja..  semenjak menjadi anggota polri angga harus hidup dan tinggal terpisa dari orang tuanya. Angga di tempatkan di provinsi paling timur indonesia yaitu pulau papua sedangkan kedua orang tuanya  hidup sederhana di Baturaja sumatera selatan bersama dengan satu adiknya  .
semenjak berdinas dan menjadi anggota Polri angga selalu di sibukan dengan kepentingan – kepentingan dinasnya….  dalam kurun waktu 5 tahun itu angga belum perna pulang kebaturaja.  ya itu semua karena ada kepentingan serta amanat Negara yang dia emban …walau hanya berpangkat brigadir polisi satu  dan hanya sebagai prajurit Polri di level paling bawah namun angga adalah sosok polisi yang sangat bertanggung jawab dengan tugasny..ini terbukti dengan tidak perna nya dia mangkir dari tugas-tugasnya .dan tidak perna meninggal kan pulau papua tersebut . Dalam kurun waktu 5 tahun itu
angga hanya dapat mendengarkan sura ibundanya,ayah,serta adik-adiknya melalui media telepon saja……
apa kabar nak..?gimana tugasnya disana ?oh ya…kamu sehat – sehat saja kan ? sudah makan lum nak..?? oh ya minggu ini ananda puasa senin kamis dak ??? ibadah fardunya jangan di tinggal kan ya,?? kami disini sehat semua jangan mencemaskan kami disini ya nak…( bait..bait pertanyaan tersebut hampir tidak perna tertinggal setiap ibu angga menelpon angga…)
setiap kali angga mendengarkan suara ibunya dan seluruh keluarganya   saat itu juga hatinya berkecamuk meronta, menahan kerinduan yang tak terhingga…
ah…rasanya aku punya sejuta cerita untuk ku ceritakan kpd bunda..ku di sana  
akau mau bercerita tentang wanita yg aku sukai,
aku mau bercerita tentang karir ku,
aku mau bercerita tentang prestasiku,
aku mau menceritakan semuanya..tapi… kapan ya saat itu tiba….
.rasanya tidak puas kalu hanya bercerita lewat telpon saja
aku rindu kalian bu….aku rindu kalian…aku sangat ……merindukan kalian…..ssssttt….

sesaat lamunan angga buyar,,setalah suara adzan magrib berkumandang…
angga pun segra beranjak dari teras Asramanya mengahiri lamunan panjangnya….
angga adalah sosok polisi yang religious hal ini bukan tanpa alasan  karena angga sendiri di besarkan dan didik oleh orang tua yang religious juga…darah serta kebiasaan ini lah yang dominan pada kepribadian angga..status bujungan yg melekat pada angga tak menghalangi nya menjadi sosok polisi yang berkepribadian yang tekun ulet,rajin,berbakti.. itu la sosok angga,,sehingga angga banyak di senangi oleh rekan –rekan nya serta atasan nya disana…
ustadz angga begitula rekan –rekan nya menjulukinya..
sesaat setelah angga selesai mengerjakan sholat magrib tibah-tiba . suara handphone angga bordering..( kring..kring..kring…)
mendengar sura deringan  angga pun bergegas beranjak dari sajadahnya karena pada saat itu telah menyelasikan sholtnya…anggapun perlahan membuka handphone nya….
ohhh..ternyata adiku Lia  yang menelpon…anggapun segera mengankgat telponya..
hallo…assalamualaikum….
Assalamualaikum mas …ap kbr ?? mas lg ap skrg ? adk ganggu dak kalu telpon skrg ? ( suara adik angga memulai percakapan di dalam telpon )
 lia adalah adik kandung Angga yg sangat menghormati serta patuh dengan  angga..makanya setiap lia menelpon pertanyaan tersebut selalu di dahulukan karena lia sangat takut menggangu pekerjaan mas nya..
Walaikum salam Wr.Wrb..( suara angga lembut ) alhamdulliah kabar mas sehat dan baik-baik dsini . saat ini mas baru selesai sholat magrib dik..jadi dak ganggu kok …
oy adek ada ap  ( angga bertanya ) ..
gak ada apa- apa mas adek Cuma kangen aj dengan mas disana ,,,  
secara….mas kan  ud 5 tahun tidak pulang..kami disini merindukan mas …..
mas angga  kapan pulang..???
lebaran idul adha / hari raya qurban  ini ntar pulang   kebaturaja ya mas …bunda sudah kangen berat tu…????

sejenak pikiran angga melambung jauh…ahhh kalimat itu . lagi- lagi kalimat itu menambah rasa rinduku  ….kuatkan aku ya Tuhan …..anggapun buru-buru menutupi rasa rindunya itu dengn segear melanjtkan perbincangan ….
---------------------------------***********---------------------------------------

ya sabar ya dek…sebenarny , mas sejak 5 bulan yang lalu sudah    mengurus surat cuti..tapi memang hal tersebut belum mas sampaikan dengan bunda karena mas khawatir surat izin cuti mas anga tersebut tidak di tanggapi oleh atasan mas disini.  maklum  kan adik tau sendiri di  tempat mas berdinas situasinya tidak begitu kondusif..hampir setiap hari penembkan di lakukan oleh kelompok sparatis bersenjata terhadap pegawai Pt.freeport yang mas jaga…sekarang.
jadilah mas  belum mau menceritakn rencana cuti mas itu…,mas angga  takut bunda kecewa dik..(Angga menjelaskan )oh ya..gimana kabar adek dsana ?? bunda sm ayah gimana kabarnya.????angga bertanya .
Adek sehat mas…ayah juga sehat..Cuma ibunda..yg mulai sering mengeluh..sering sakit-sakitan trus akhir-akhir ini
bunda akhir-akhir ini juga sering mengeluh matanya sudah mulai kabur…kabur…
khusunya pada saat membaca…  .apa lagi kalau bunda mau  mbaca Al-quran mas ..sudah nggak jelas lagi hurufnya ,,itu sih pengakuan bunda.
kabur gmn dik ??? ( angga bertanya )
perasaan dulu baik – baik aj ah ..( angga penasaran )
ya…itukan 5 tahun yang lalu..sekarang ibukan uda tamba tua mas…( lia menjawab)
astagfirullah …iy dek…
mungkin mas.. uda terlalu lama tidak pulang..sepertinya
 jadinya mas tak tau banyak perkembangan kalian disana ..maafin mas ya dek



 iy mas kami mengerti yang penting mas  jaga diri disana  ya….
 makasih ya ..nasehat ny…titip salam rindu mas untuk ayah  dan bunda di sana  ya
Oh ya….
Bunda sudah berobat n beli kaca matta belum..??? (angga bertanya…) ..

suasana hening,,sepertinya lia membisu…………………..………………………………………..
……………………………………halo…halo…lia…halo………………………………………….
Ya….mas lia dengar…suara lia terisak …terseduh…..(terdengar menangis di telinga angga ) …..
 Lia Menangis ya………Ada ap ..?????
Gak..kok…mas…( lia bersuha menutupi tangisan nya…)
Jangan bohong low…...mas n bunda tak perna lo mengajari untuk berbohong….
Ayo…jawab kenapa adek menangis….
Sambil menahan isakan tangisan lia pun berusaha memulai cerita…begini mas…Bunda sekarang..ni sudah  sering sakit..sakitan mas…sering mengeluh merasahkan ngilu di seputaran,,dada & ulu hatiny mas…
adek takut mas..
adek takut…mas…
terjadi sesuatu dengan bunda….hiks….hiks…hiks…
 suara lia menangis semakin menjadi..jadi…..mas angga kapan pulang…????mas angga kapan pulang ??? adek khawatir mas…
Sabar ya..dek ya…
berdoa aja ..semoga tidak terjadi  apa – apa dengan bunda,,dan doakan saja semoga izin cuti  mas angga segera di terima atasan mas…
sabar ya.dek..sabar..ya… angga berusah menghibur adekny))));;’’’’
Oh ya….bunda suda di cek kerumah sakit belum…sudah di ajak berobat belum???( angga untuk kedua kalinya mengulangi pertanyaan nya..)

Suasana kembali hening..diam…
-------------------------------------halo..halo…….----------adek kok diam   lagi..-------------------------------------------ya,,,mas..( suara lia lembut)…..
Dengan suara yg tertati dan terisak perlahan suuara lembut lia menjawab pertanyaan angga..
Bunda belum di ajk berobat mas..bunda belum di ajak kerumah sakit mas…apa lagi mau beli kacamata ..
Lo kenapa ..????   (angga bertanya…).
  ..sisah uang bulan belakang yang mas kirim sudah habis terpakai untuk biaya kuliah adek..karena bentar lagi adek mau smesteran

Jadi sampai sekarang..bunda belum..berobt mas..bunda belum di ajak kerumah sakit.;;;;
   Sebenarnya …adek sudah mngatakan dan menganjurkan  pada bunda agar uang smsteran adek tu di pakai aja dulu untuk berobat…
Tp bunda..bersikuku agar uang itu di pakai aja untuk keperluan kulia aja…..jadila uang itu habis mas..sekarang..
Maafin…adek..ya mas…
Maafin…adek….ya….karena egois mentingi diri sendiri…smentara mengabaikan kepentingan bunda..Yang jauh lebih penting….hiks…hiks….hiks…suara lia kembali menangis terseduh..sedu…
Ya…uda besok adek lia ajak bunda cek kerumah sakit ya…besok pagi mas transfer uang nya…
Jangan nangis lagi..ya…
Berdoa aja…semoga bunda tidak apa..apa…
Ya,,,,mas…makasih ya….
. wassalamualaikum.(.lia mengakhiri telponya)
Alaikum salam wr.wb.( angga pun segera menutup telponya…)

 setelah menelpon sejenak angga tertunduk dan terduduk lesu ,sambil menarik nafas panjang,,,sambil duduk di sebuah korsi dekat jendelah rumahnya ….sembari   menatap keluar rumah sambil mengamati gemerlapny bulan dan bintang yg mulai memnacarkan sinarnya…..
dalam tatapan tersebut..angga kembali larut dalam lamunan panjangnya…..” oh..ibu…sedang apa dia sekarang….bagai mana keadaan nya…bagai mana dengan sakitnya ..apakah  masih ad sesuatu yang di sembunyikan dari ku…sehinga batin ini begitu kuat..ingin segera menemui mu…bu.
.ayah ..dmn skrg???? ….dalam hati angga berbisik….
wahai angin….sampaikan salam rinduku ini  serta jeritan hati ini……kepada keluarga ku di sana .lamunann angga  yang panjng akhirny sampai pada tiik klimaskny tak terasa air matapun mengalir serta membasahi pipi seorang anggota polri berpangkat Briptu itu........maafkan aku bunda..maafkan aku ayah…maafkan aku semua….aku belum bisa membalas jasa-jasa mu selama ini ..aku belum bisa bersama kalian disana..maafkan aku belum bisa berada di sisi kalian baik suka ataupun duka……maafkan aku aku tak berada di sisi kalian di saat kalian membutuhkan ku maafkan aku juga karena ku belum mampu membuat kalian bahagaia dengan pekerjaan ku sekarang…
terkadang dalam pikiran angga terlintas fikiran..meyesal menjadi Anggota polri…dalam pikiran ny terlintas
seragam inila yang memisahkan ku dengan keluargaku…
seragam inilah yg mebuatku tak dapat berasama keluargaku…
seragam inilah yang merampas hak- hak ku .
 namun fikiran tersbut segra di buang jauh- jauh oleh angga….karena menjadi insan bhayangkara merupakan suatu cita-cita yang mulia , profesi  yang sangat di banggakan oleh bundanya …walaupun sebenarnya angga sedikit kurang berminat…menjadi anggta polri  
coba ya kalau seandainya  aku dulu ngelanjukan kan kuliah bahasa inggris  di Uiversitas sriwijaya  saja...mungkin sekarang aku sudah jadi guru/ dosen  di kawaan baturaja atau Palembang setidaknya…
.emm lagii lagi…bisikan ..bisikan penyesalan itu menghantui ku…

waktu terus berjalan …detik jarum jam pun semikin jelas terdengar mengalahkan sura-sura kendaraan yg melintas karena heningnya malam . dingin ny cuaca serta hembusan angin malam yang menusuk sampai ketulang  menyadarkan lamunan Angga yang belakangan ini memang sering melamun ..
hal itu bukan tanpa alas an itu , di karenakan angga medengar kabar bahwa bundanya sering sakit-sakitan….
astagfirullah kenapa aku berfikir demikian…seharusnya aku bersukur dengan apa yng telah aku dapatkan sekarang….astagfirullah …astagfirullah ….walau bagaimanpun ini adalah konsekwensi yg harus dihadafi dari suatu profesi…( suara hati angga )
Eemmm….subhanallah sudah malam rupanya…sebaiknya ku istirahat..besok pagi kan mau dinas …rasa ngatuk yang menggelayuti mata membawa kaki angga menuntun nya ketempat tidur untk beristirahat………zzz….ZZZzzzzzz
Esok paginya angga pun bekerja seperti hari – hari biasanya….pakaian PDLT berwarna coklat tua  serta spatu tinggi lengkap dengan senjata laras Panjang SI V2 di selempangkan di bagian dadanya ..anggap pun siap kembali bekerja…
Ketika angga sedang melaksakan tugas jaga….salah seorang teman ny…bernama Deni datang menemuinya..
Agga..angga…dari kejauhan suara itu memecah kesunyian di tenga-tenga situasi pada saat angga sedang melaksakan tugas jaga…
angga kemari.
.kemari…ada apa den..???
kamu di suruh kasat ngadap tu…sekarang juga..
Ahh yang benar den…ada apa y kira-kira..
Ya mana tau aku ngga…buruan cepat,,,ntar kasat marah lagi kalau lambat-lambat..datangnya..
Oke,,oke…terima ksih den infonya…aku segera menghadap…( dalam benak angga .ada apa ya..???
Ketika sudah sampai di ruangan depan pintu kasatnya Dengan sedikit-ragu-ragu anggapun memaksakan dan memberanikan diri untuk mengetuk pintu ruangan atasanya tersebut…tok..tok..tok…
masuk…………………………
suara terdengar jelas berasal dari dalam ruangan ..
Mohon…izin komandan BRIPTU ANGGA izin Menghadap….
ya silahkan masuk….
pagi komandan…
ya ..kamu duduk aja dulu..
 terima kasih komandan…(jawab angga tegang..)
Kamu betul yang bernama angga..
ya betul pak..
        betul kamu yang berasal dari baturaja provinsi Sumatra selatan…
betul..ndan ….
sudah berapa lama kamu dinas..di irian jaya
  sudah 5 tahun ndan semnjak di lantik menjadi anggota polri saya langsung di tempatkn disini
jadi kamu selama lima tahun belum pulang-pulang…
 betul ndan…
kenapa????
Ya….Selain faktor biaya yang tinggi saya belum ada izin untuk meninggalkan tana papua ini ndan….
Ohh…ohhh…begitu….tak lama kemudian…sang komandan pun beranjak dari tempat dudukny…menuju sebuah meja yang tidak jauh dari tempat duduknya…sambil membuka dan kemudian membawa map bewarna merah..marun
selang beberapa menit sang komandan pun kembali ketempat semula , tempat dimana dia memulai cerita dengan angga..
Coba di cek berkas ini..apa benar ini surat penganjuan izin cuti mu…
Anggapun bergegas menyambut map yang di berikan sang komandan ..dan kemudian …anggapun membaca berkas surat tersebut secra seksama..lembar serta halaman demi halaman angga perhatikan dengan seksama…
Ya benar ndan ini berkas pengajuan izin cuti..saya…ini pengajuan cuti saya limah bulan yang lalu ndan(  angga berusaha menjelaskn )
…jadi betul kamu ingin mengajukan cuti…
siap ndan ..betul..
Di baturaja kamu tingal dimana ngga…??
 saya tinggal di jl.dr,mohh.Hatta Kemala raja ndan di pusat kota….
ohhh…di baturaja sekarang keluarga mu ada siapa saja ….kamu sudah menikah belum…???
di baturaja kedua orang tua ku beserta satu adik perempuan saya  ndan …sambil tersenyum angga manjawab..untk saat uni saya masih bujangan ndan…..
ohh  begitu….
Oh ya…ngga..istri saya  asli orang baturaja juga ngga namun ketika saya di tugaskan di papua 2 tahun yang lalu…kami pun harus hidup berpisa ..sama seperti kamu sekarang ini ..
 saat saya meninggalkan istri ku di baturaja untuk berangkat ke tana papua ini
 istri saya dalam keadaan mengandung 5 bulan…
 saat itu istri saya meminta agar ia  tetap tinggal di baturaja..saja karena, harus menjaga ibunya yang sudah tua yang hanya tinggal sebatang kara,,,,…
dan pada saat itu aku pun tak kuasa mengajak nya untuk berjaln jauh di tenga kandungan nya sudah berusia tua…

mendengarkan apa yang di sampaikan oleh atasan nya tersebut
Angga pun meberanikan diri untuk tidak kaku dengan memberanikan diri dengan bertanya,..

Berarti kemandon juga sudah lama tidak bertemu…dengan keluarga serta istri komandan ….
Ya..begitulah..dan bukan suda lama lagi…mungkin…untuk selama-lamanya aku tak akan dapat melihat mereka lagi…
Angga menjadi bunggung dengan penjelsan atasan nya tersebut..angga pun kembali bertanya..
Maksudnya ndan,,,,?? Sekilas angga melihat tatapn mata komandan nya yg kosong ….yang membuat angga penasaran dengan pernyataan komandan nya tersebut
kok bisa begitu ndan….??
Ya sekitar dua hari yang lalu istriku meninggal dunia karena sakit…kangker rahim kronis…
Innalillahi wa inna illaihi rojiun…( angga terperanga )….
namun..karena tugas ini ,karena seragam ini untuk saat ini aku belum bisa pulang….
Kamu tahu sendiri kan gimana situasi disini….
mendengar ..penjelasan tersebut batin angga bergejolak..merintih…merasa menyesal

ahhh selama ini aku terlalu cengeng ternyata…setiap hari  hanya merintih ..menggerutuh di dalam hati,,,kapan pulang..kapan pulang..sekedar untk mengobati….rasa rindu ku kepada orang tua ku…sedang kan komandan ku kehilangan belahan jiwanya…kehilangan orang yang tercinta…bahkan   melihat untuk yang terakhir kalinya belhan jiwanya /orang-orang tercintanya pun sudah tak bisa ...demi tugas nan mulia sebagai insyan bhayangkara…..
ohhh haruskah kuteruskan pengajuan cutiku ini …..
angga smakin kalut di hadapkan dengan keadaan yang delimatis seperti ini……
maafkan aku Bunda..maafkan aku semuanya sepertinya ..tahun ini sama seperti tahun – tahun sebelumnya..aku belum bisa bersama kalian…..maafkan aku

selang beberapa menit anggapun memulai pembicaraan yg sempat terhenti..beberapa saaT itu..
mohon maaf ndan ..sebelumnya karena saya telah lancang mengajukan cuti ini ….dan saya sangat merasa  turut berduka atas apa yang terjadi smuanya …..sekali lagi saya mohon maaf ndan atas kelancangan saya…..( sambil tertunduk  angga berusaha meminta maaf kpa komandan nya..)

Oh tidak apa..apa…ngga
 cuti itu hak semua prajurit kok..justru karena itulah aku memnaggil kamu sekarang kesini.

Sedikit angga kembali bingung dengan penjelasan atasan tersebut ..anggapun memberanikan diri untuk bertanya….maksudnya ndan….?
Ya maksud saya …izin cuti mu saya Acc
Angga kembali terperanga…heran sedikt tak menyangka….

Ya ..Di karenakan angga akan cuti ke baturja …saya mau menitipkan..sesuatu……untk org yg saya cintai di baturaja…sekalian…ssaya mau  menitipkan sesuatu untuk anak saya ..( atasan angga sedikit tersenyum )
Sesaat setelah bicara atasan anggapun untuk kedua kalinya berdiri dari tempat duduknya..menuju kepojok ruangannya ….beberapa menit berlalu atasan anggapun kembali sembari membawa sebuah kotak kecil berwarna coklat berdiameter 10 cm…di sebala tangan kanannya

Ini..tolong di antarkan ke alamat keluarga saya. ini kado untuk anak saya besok lusa adalah hari ulang tahun nya… yg ke 2..sampaikan permintaan maaf saya karena belum bisa pulang dan bersamanya…titip salam juga untuk mertua saya di sana ya ga..dan katakana kepada keluarga saya di sana mungkin dalam waktu dekat saya akan segera kembali juga…kebaturaja…

Ya…ndan….insya allah…

Dalam perjalan nan pulang perasaan batin angga bercampur aduk ,gembira,sedih terharu tak menentu ..sesaat angga tersenyum membayangkan bahwa dia kan segera menemui keluarganya tercinta…namun di lain sisi,,angga terhanyut dalam keharuan..sesaat angga mengingat cerita atasan nya tadi..
Untuk sementara  …selamat tinggal tana papua..selamat tinggal tana papua….suara melingking angga mengalahkan suara motor yg saat itu dia kendarai
Bunda………..aku pulang….bunda anakmu datang…….Akuuuuuu…Pulang…..Akuuuuuu ….Pulang …akuuuuuuuuuuuuu…..pulang……
teriakan emosi angga memuncak menggema di kusunyian hutan belantara di sepanjang perjalanan….
------------------------------********----------------------------------------------

Di tempat terpisa…ibunda angga adiknya lia serta ayah nya sibuk mempersiapkan kedatangan angga…
Hampir setenga hari ibunda angga berada di dalam kamar angga yang selama 5 tahun ini di tinggal kan anaknya ..tidak ada yang di kerjakan selain menyapu,merapikan pakaian yg ada di lemari .memandangi poto-poto angga yg terpampang rapi di dinding kamar itu…
Cie…cie…semangat bener bunda..kerjanya…rajin ni ye…..suara lia sedikit memecahkan konsentrasi bundanya yang saat itu seddang membersihkan dan merapikan kamar angga…
Ahh kamu itu ndok….ngageti aja…..
Habis bunda gak keluar-keluar dari tadi di kamar  Mas Angga Mulu….
Bunda uda gak sabar ndok mau ketemu mas mu…
Bunda kangen…sama mas mu…ndok..ud lima tahun gak ketemu…kali mas mu ud tamba besar dan gagah ya sekarang….
Ya bunda …lia ngerti sabar aj…bentar lagi aja pulang kok…masak nuggu 5 tahun sabar sedangkan tgu 2 hari lagi ud gak sabar bun…lia kan kangen juga sama mas angga…
Ya ..ndok…mungkin bunda terlalu rindu kali ya..

Oh ya..Ndok..tolong di bersihkan gitarnya mas Angga ya,… dia kan senang main gitar..ntar kalau dia ud pulang pasti mas mu mau mainkan gitar kesayanganya ini….sekalian aja lia kepasar ntar ..beliin tali gitar ini yang baru semua…ya…minta temani ayah saja kepasarnya….
Ya..bunda….( lia pun beranjak dari tempatnya berdiri..hendak pergi kepasar bersama sang ayah))
Seharian merapikan dan membersihkan kamar angga membuat ibunda anggat tergolek lesuh di ranjang tua..milik angga…
Emm.cpek cuga…ternyta….lebih baik aku istirahat dulu…..di kamar ini…

Beberapa menit,..jam ..pun berlalu….

………Assalamu alaikum Ayah..bunda.??? asalm mualaikum……
Angga pulang ni bun..ayah ..angga udah nympai..
------------------------------------------------------******------------------------
Walaikum salam…subhanallah…
Angga….
anak ku….
( sang ibunda pun langsung menangis terharu tersedu-sedu..emosi yg memuncak membuatnya tak kuasa beranjanak dari tempat ny berdiri…melihat ibundany yg menangis kaku anggapun  lansung berlari …menuju tempat ibunya….)
Bunda………………………………………………………………………..bunda…………………………………………………..….
(dengan langka yang tertati-tati perlahan angga mendekati bundanya …)
Bunda…bunda…anak mu pulang….
Tangan angga langsung menyambut tangan bundanya…mencium serta memeluk erat serta merangkul tubuh ibu nya….
Aku kangen bunda…
Aku kangen ..bunda…..
Ya nak…bunda juga kangen…

Sejanak bunda angga melepaskan pelukan serta rangkulan anaknya angga..
lalu ibunya pun dari dekat memperhatikan dan mengamati angga anaknya
Kamu ud tambah besar sekarang…nak…gagah..tampan……
Hee..he…iya bun….teimaksih….
( anak dan ibu itupun larut dalam suka cita…tangisan bahagia mengalir dan membasahi  pipi mereka…)
------------------------------***********-----------------------------------------

Oh ya,,,nak….kok malah pulang gak pakaian dinas…??? Malah pakaian putih-putih sperti ini…seperti orang turun dari haji aja….bunda kan belum perna liat nak angga berpakaian dinas…????bunda pengen looow..liat…kamu berpakaian dinas  pasti kamu akan lebih terlihat gagah…dengan pakaian itu…
mana barang-barang nya nak…??? Kamu gak membawa tas..atau cover dari papua….???...

iya…bunda . angga gak pakaian dinas…maafin ya…padehal angga pengen sekali memakai pakaian itu di depan bunda....tapi.. pakaian dinas angga terbakar…waktu di perjalanan mau pulang kesini…
angga…bawak cover kok….tunggu aja..mungkin 1 hari lagi barang-barang angga akan ada yang nganterin kesini….
Terbakar….????? Kok bisa….nak ??

Bun..kita cerita yang lain aja ya…Ayah sama adek lia  kemana kok gak keliatan…???( angga berusaha mengalaihkan pembicaraan, mengabaikan pertanyaan ibundanya ??
Ayah ama adekmu lagi kepasar….ada yang mau di beli….bentar lagi pulang kok….

Bunda…bunda…bunda….lengkingan suara panggilan bunda   memecahkan percakapan..angga dan ibunya saat itu….

Bunda,…..bundah…bundah….suara samar-samar terdengar ditelinga nya…..
Bunda….bunda…bunda…. …bunda……


Semakin lama suara suara panggilan semakin jelas…detelinga wanita yang sudah beranjak tuah itu…sehingga membuat dia terbangun dan terjaga dari tidurnya….….
Astagfirullah..dimana..aku…????
Mana angga….????mana anak ku….
Sejenak wanita tua itu menarik napas panjang…saat itulah dia baru menyadari..bahwa dia tertidur di kamarnya Angga….
Astagfirullah…ternyta aku hanya bermimpi…

Sang ibunda pun bergegas bangun dari tempat tidurnya….berusaha keluar dari kamar untk   melihat keluar rumah untuk menemui suara yang memanggilnya…yg menyebabkan nya terbangun dari tidurnya….

Dari dalam rumah sang ibunda melihat anak nya lia berlari sambil menangis memasuki halaman rumahnya
 Lia…ada apa….ndok…???? Kok teriak teriak panggil bunda….kok kamu menangis….???
Ayah mu mana…???? Kok kamu pulangnya sendiri…???

Saat tiba dan memasuki rumahnya lia langsung memeluk dan merangkul ibunda dengan erat…bahkan sangat erat…
Bunda…bunda…hikss….hiks…hiks….tangisan lia semakin menjadi ..jadi…mebuat sang ibunda semakin khawtir tak menentu…
Ndok…apa yg terjadi…???
Nyebut ndok….nyebut…??...ada apa…???
Astagfirullah…ashaduallah illa ha illallah…( suara lia sambil terisak menyebutkan kalimta tersebut..)perlahan..perlahan lia pun mulai bercerita..
Bunda….bunda yang sabar ya….???
Ya…ada apa ndok…??
Tadi waktu lia sama ayah sedang di pasar..ketika kami sedang memasuki salah satu tokoh untuk membeli tali gitar…kami liat di televisi di tokoh itu ….pesawat Merpati  MA-60  terjatuh dan terbakar di Teluk Kaimana, Papua,
.
Iya…nduk terus emangny ada apa…????

Mas angga kan sebelum berangkat kirim sms sama lia…  kata mas angga dari papua..mas angga transit dulu di Jakarta..trus baru. ngelanjuti,,,dari Jakarta ke Palembang….mas angga juga bilang dia nggunakan jasa penerbangan merpati Air line dengan no.penerbangan MA-60
Sambil menangis…lia berusaha menujukan isi pesan dari angga kepada ibundanya…

Dalam situasi seperti itu sang ibunda berusaha terlihat tetap tegar di depan anaknya lia…( namun jauh dari lubuk hati yg terdalam ,ada suatu kekhawatiran seoarang ibu terhadap keselamatan anaknya yang tak terhingga..)

Kita berdoa saja ya…smga mas mu  nggak apa-apa..syp tau masmu  nggak naik pesawat itu…sang ibunda berusaha menguatkan lia….

Tapi lia takut bun…lia khawatir…bun….
Iy…iya…nak bunda juga…( sembari memeluk putriny tersebut erat-erat )

Mana ayah mu ndok..???
Kok gak keliatan…..?
Ayah sedang pergi bun..tadi sedang berusaha menelpon teman nya …mau cari tau kebenaran kabar kecelakaan pesawat itu…

Lia coba telpon dulu mas..mu…bisa gak…??
Tadi uda di coba bun..tapi….selalu gagal…


Bun..bunda,,,biar lia hidupakn TV aja…kali aja suda  ada keterangan tentang daftar nama – nama penumpang pesawat yang kecelakaan…itu…

Lia pun bergegas melepaskan pelukan ibundanya…menuju keruang keluarganya..
sang ibu pun bergegas menuju ruang yang sama

Sambil menonton sang ibunda…tak dapat menyembunikan kecemasan serta kekhawtiran…dalam hati sang ibu itu selalu berdoa…
Ya Allah..selamatkan anak ku….selamtkn anak ku..Ya Allah…

Selang beberapa jam pun…akhirnya berita yg di tunggu pun tibah..salah satu televise swasta mengupdate berita terkini mengenai kecelakaan pesawat naas tersebut…..
Running teks…di rtelevisi swasta tersebut..dengan jelasnya..menerangkan bahwa..
pesawat naas itu memiliki rute Sorong-Kaimana-jakarta  dan membawa penumpang yang terdiri atas 18 orang dewasa, dua anak, dan satu bayi. Selain itu, terdapat pilot, kopilot serta dua orang teknisi. "Saat akan melakukan penerbangan situasi mengalami cuaca buruk.menyebabkan pesawat tersebut jatuh dan terbakar.. total dari koraban akibat kecelakaan tersebut menewaskan 27 penumpangnya…tak ada yang berhasil selamat…(reportase reporter TV swasta )
saat nama – nama korban tewas di tampilkan di layar kaca perasaan kawatir dan cemas semakin menggelayuti…sang ibunda dan anak nya saat itu…..
daftar nama tewas dalam kecelakaan merpati MA-60
1.kapten mawardi..( 40 th)
2.kapten. m,renga.( 46 th)
3…..
4…..
5…..
Secra perlahan running teks korban meninggalpun silih bergantian di tampilkan di layar kaca Televisi swasta tersebut..hal itu semakin membuat kecemasan sang ibu dan anaknya semakin menjadi –jadi …sang ibunda berharap tak menemukan nama anaknya dalam daftar nama korban tewas kecelakaan naas tersebut
10.Susanti ( 27 th)
11.sujiwo..( 37 th )
 


20…ferdinan sinamboas..(29 Th )
Saat 7 nama terakhir korban meninggal di tampilkan…peristiwa yg di khawatirkan..pun terjadi..nama angga tertulis jelas dalam running teks tersebut…
21.Petrus..bias ( 60 th)
22.harrold masdert (53 th)
24.Briptu Angga Saputra ( 28 Th )
25.
26.
27..
Suasana pun langsung histeris…(Inna lillahi wa inna ilahi rojiun)……
Anga……………….anaku….( teriakan dan lengkingan suara sang ibunda tak terbendung…tangisannya yang sejak tadi di tahannya akhirnya  mencapai klimaksnya ..cucuran air mata mengaliri pipi wanita tua  itu)…
Heiks….hieks…..begitu pun halnya dengan lia…anak dan ibu keduanya larut dalam kesedihan …sauna menjadi histeris dan mengaruhkan….teriakan tangisan keduanya tak terelakan..
Sesekali..sang ibu ..menyebut dan memanggill pelan..nama anaknya angga…angga…angga…anak ku…..
Ngga…anakku…kenapa begitu cepat kamu di panggil nak…ya..Allah…kenapa Ya Allah…kenapa tak kau izinkan  lagi aku melihatnya lagi..ya Allah..kenapa…
(sang ibunda pun kembali menangis sejadi-jadinya…)

Mendengar kabar dan berita tersebut Tetangga sekitar pun mulai berdatangan ….tenda sedrhana pun mulai secara bergotong royong didirikan ..berbagai agenda untk menyambut kedatangan jenazah anggapun mulai di persiapkan

Selang beberapa jam pun berlalu..sanga ayah anggapun kembli kerumahnya…

Dengan langka kaki yang tertatih..tatih…wajahpun pucat pasih…sang ayah pun menghampiri anak serta istriny itu….
Bun….anak…kita….anak kita….tdk selamat……anak kita Angga meninggal….
Tadi ayah barusan saja dapt comfrmasi dari pihak kepolisian setempat….mereka mengatakan bahwa salah satu korban ..keelakaan itu adalah Angga…..
Kedatanagn sang Ayah…membuat Susana kesedihan semakin menjadi..jadi…tangis sedih pun,,seolah..olah…tak kan terhenti…
(para tetangga pun silih bergantian menasehati..dan menguatkan keluarga angga itu)………………………
--------------------------------------------***************------------------------------
1 minggu pun waktu berlalu ..pemakaman angga secara militer beberapa hari yang lalu,,,di pemakaman umum yg tidak jauh dari rumahnya masih teringat jelas dan belum bisa terlupkan oleh  sang ibu…..Ayah serta lia….
Musibah tersebut seolah-olah menenggelamkan mimipi –mimpi indah mereka….baik sang ibu..ayah ,,lia ..ketiga nya masih larut dalam lamunan kesedihan ………

Namun saat itu lia berusaha tegar dia beranikan..diri untuk memasuki kamar sang kk nya angga…
Saat pintu kamarnya di buka…lia pun memandangi dan melihat secara seksama fotoh-fotoh angga wktu masih SMA  yang berada di dinding kamar angga …

Lia pun sambil berjalan mengelilingi seputaran kamar angga yang hanya berukuran +/- 6 meter itu..saat sedang berjalan sambil melihat-lihat foto angga langka lia terhenti…ketika dia melihat sebuah Gitar..….
…saat itu kucuran air mata tak sadar mengaliri pipi lia….
Bagai mana tidak gitar itu sudah di persiapkan nya untuk menyambut kedatangan  angga….
Lia…..lia….( sang ibunda memanggil lia )

Ya Bunda……mendengar pangilan sang ibundanya liapun buru-buru..menyembunykn gitar angga…ke bawa kolom tempat tidur angga (tak mau membuat kesedihan ibundanya..kalau melihat gitar itu )

Saya di kamar mas Angga bun…..

Tak berapa lama sang ibunda pun tibah di kamarnya angga..
Sedang apa ndok….???
Gak kok bun….Cuma ssedang lia-iat fotonya mas angga saja..
Oh…
Lia ikut bunda yuk….
Kita mbereskan pakaian dan koper mas angga yg di kirim kemarin…( koper tersebut di kirimkan bersaamaan dengan  kedatangan jenazah angga.. )
Ya..bun…
------------------------------------------***********-------------------------------------
Dengan hati hati..sang bunda dan anakny mulai membuak koper angga tersebut…tampak di sudut kiri dan kanan nya terlihat bekas rusak terbakar api..
Namun bagian tengan dan dalam nya masih terjaga rapi……
Ketika membuak koper tersebut naluri seorang ibu pun bereaksi….dengan perassaan yang masih bersedih  sang bunda..mulai merapikan dan mengeluarkan beberapa helai pakaian angga dari koper tersebut….
Namun konsentrasi sang ibu terhenti saat dia melihat 2 kotak berwarna coklat…tua dan hitam berukuran diameter 10 cm …dan 15 cm
Dalam hati sang bunda,,,ini kotak apa???
Isinya apa????
Dengan perlahan –lahan sang ibu berusaha membuka kotak berwarna  berwarna hitam itu….sementara kotak yg berwarna coklat tua berdiameter 10 cm di biarkan nya begitu saja (kotak berwarna coklat tua adalah titipan atasan angga)

Ketika kotak kecil itu berhasil di buka..dia melihat sebuah kaca mata lengkap dengan talinya 
Serta dalam kotak itu terdapat kwitansi pembayaran…pembelian kaca mata…
di kwitansi itu di tuliskan …”KACA MATA UNTUK BUNDA”

sang ibunda pun langsung mengambil kaca mata tersebbut sambil tersungkur.tergeletak tak berdaya sambil .menangisi kepergian…anak nya…..

saat itu juga kesediahan yang perlahan –lahan sudah mulai ingin di lupakan sang ibunda …kembali terjadi…tangis haru dan sedih..kembali menggayuti nurani sang ibunda..itu…..
dengan suara yg terisak dan tertatih suara nan lembuat keluar dari mulut sang ibunda…..
“””””angga Anak ku………………………………..anak ku…terima kasih nak….terimakasih untuk ini…
terimakasih kaca mata ini nak…..ibunda akan senantiasa merawat dan menjaganya…

bunda sayang kamu nak……


the end

cerita ini ku dedikasihkan untuk sahabat ku….sebagian kisa memang benar adanya…namun dalam cerpen ini ku tulis dalam unsur intrinsik yang berbeda.. Wsslm.Wr.Wb

                                                                By

                                                         ( Gino.makusuci )