Jumat, 23 September 2011

HIKMA KEBERSAMAAN

ketika kita hidup normal di alam bebas ...kita tidak begitu memahami betapa penting artinya udara ( oksigen ) ,,itu semua karena kita sudah terlalu sering mendapatkan oksigen tersebut..hampir setiap detik,menit,jam ,hari bulan, tahun bahkan sepanjang massa tak perna luput darinya.... seiring dengan  semakin sering nya kita mengirup udara tersebut membuat   kita lupa mensyukuri nikmat yang maha luas itu......

namun bayangkan ..suatu ketika  kita terlelap  di dalam air....yg dalam.....tak ada tempat/ruang untuk bernafas
( apa yg anda fikirkan ....????? )
( apa yg anda harapkan,....????? )
..tentunya di dalam keadaan seperti itu kita baru menyadari ..nikmat oksigen /udara itu sungguh suatu nikamt yg tak ternilai...yg selama ini jarang kira syukuri...


begitu juga kebersamaan pada saat KKN sahabat ku...
mungkin suda terlalu sering kebersamaa kita..hampir setiap detik,menit ,jam,hari,minggu ,bulan, ..semuanya aktifitas  kita jalani secara bersama-sama sehingga membuat masing-masing..kita lupa..betapa indahnya kebersamaa, itu...

namun ketika keberadaan kita suda terpisah seperti ini ..ketika rangkain kegiatan KKN sudah selesai
barula kita menyadari...betapa penting dan berharganya...kehadiran kalian...betapa penting dan indahnya bersama sahabt-sahabtku...saat - saat indah itu tak kan terlupkan...insya Allah tulisan ini adalah pengingatnya... i will longing for  you all...( Gino Makusuci )

Kamis, 22 September 2011

Sosialisasi uu no 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan pengenalan rambu – rambu lalu lintas kepada pengendara pemula Di desa pandan dulang

suasana sosialisasi di desa Pandan Dulang.

   OLEH : BRIPTU GINO MAKUSUCI
      FAKULTAS  : ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
Data dari nationala Traffic management center Polri  tahun ini menunjukan bahwa terhitung mulai bulan januari sampai dengan bulan agustus telah terjadi 2770 kasus kecelakaan dengan 449 meninggal  dunia , 760 orang luka berat dan 1.914korban luka ringan sedangkan pengandara sepeda motor yang terlibat kecelakaan yaitu 2.371 kasus lebih banyak dari tahun lalu pada tahun 2010 yang hanya 1.616 kasus kecelakaan.   kecelakaan lalu lintas tersebut di sebabkan oleh kondisi Infrastruktur ,model transportasi, dan kesalahan manusia “ separu dari kesalahan tersebut lebih dominanan dari kesalahan manusia. ( Koran kompas , 1 september 2011 hal : 1 )

Untuk wilaya kab oku rekapitulasi unit laka lantas Polres oku Di penghujung tahun 2010 tercatat 66 orang meninggal dunia , 114 luka berat dan 23 luka ringan serta kerugian materil mencapai Rp. 480.550.000 dari total 150 kasus   kecelakaan lalu lintas. Sedangkan untuk tahun 2011 terhitung dari januari sampai dengan juli 2011 korban meninggal dunia 40 orang , 47 orang luka berat , luka ringan 19  dari 65 kasus kecelakaan .( sat lantas polres oku , sub unit laka lantas)

Dari data tersebut dapat di simpulkan angaka kecelakaan di kab oku cenderung meningkat ,berdasarkan data yang di peroleh di polres oku sub unit penanganan laka lantas.  salah satu faktor yang paling dominan dari penyebab kecelakan tersebut selain di sebabkan oleh kondisi Infrastruktur ,model transportasi,  separu dari kesalahan tersebut lebih dominanan dari kesalahan manusia ( human error) kesalahan manusia itu sendiri “ seperti kebut- kebutan ugal – ugalan di jalan , serta tidak menggunkan alat-alat perlengkapan safety berkendaraan dll..

Faktor human error penyebab tingginya angka kecelakaan sebenarnya dapat terjadi di karenakan 3 faktor yaitu kesengajaan,kelalaian,dan ketidak tahuan. Ke tiga faktor tersebut dapat terjadi di karenakan minimnya pengetahuan pengendara akan peraturan-peraturan mengenai lalu lintas,  kurangnya pengetahuan cara berkendaraan yang sehat dan aman.  minimnya pengetahuan dan kesadaran tersebut di dominasi  khususnya bagi pengendara- pengendara pemula. Ini terbukti hasil rekapitulasi data pelanggaran lalu lintas urbin Tilang di polres oku . berbagai jenis pelanggaran kendaraan bermotor di dominasi oleh pengendara pemula. Oleh Karena itulah sosialisasi – sosialissi secara berkesinambungan  sangat di perlukan  guna menanamkan kesadaran dan kewaspadaan  untuk memenimalisir angka kecelakaan lalu lintas.khususnya bagi pengendara pemula.
 Desa pandan Dulang kec.semidang aji Kab Oku  secara geografis berada Di jalan Lintas sumatera menyebabkan desa panada dulang tersebut terbelah oleh jalan lintas yang membagi desa panda dulang menjadi  dua bagian yaitu sebela selatan dan utara hal ini menyebabkan arus lalu lintas di sepanjang desa pandan Dulang sangat ramai oleh berbagi jenis kendaraan yang melintasi desa tersebut.  Desa pandan Dulang yang hanya memiliki pasilitas pendidikan SD mengharuskan  anan-anak desa pandan dulang harus melanjutkan Sekolah mereka keluar Desa Pandan dulang . Seperti Melanjutkan Sekolah SLTP di Desa Batu Kuning  yang berjarak +/- 3 Km dari desa pandan Dulang. Bahkan untuk melanjutkan sekolah SLTA anak- anak desa Pandan Dulang rata-rata melajutkan Kesekolah yang berada Di pusat kota Baturaja yang berjarak +/ 13 Km dari desa pandan Dulang . Jarak Sekolah SLTP serta SLTA yang relatip jauh inilah yang mengharuskan anak-anak desa pandan Dulang pergi kesekolah mengendari sepeda Motor .  inilah inti dari permasalah dalam tulisan ini . dimana seperti yang kita ketahui bersama berdasarkan UU No.22 tahun 2009 tentang lalu lintas . sala satu syarat pengendara sepeda motor  minimal harus memiliki driving licence dengan standarisasi usia minimal 17 tahun. Kalu di cermati dari uraian di atas . pengendara pemula di desa pandan dulang di dominasi oleh anak- anak pelajar SLTP dan SLTA yang rata- rata berumur berkisar antara.12 tahun s/d 16 Tahun. Fakta ini menujukan bawa jelas telah terjadi pelanggran yuridis yang di lakukan oleh anak-anak desa pandan Dulang. Namun, Sebelum berpolemik mengenai permasalahn yang di lakuak oleh anak – anak desa pandan dulang tersebut  ada baiknya mengulas kembali faktor human error sebagai salah satu faktor tertinggi penyebab  terjadinya kecelakaan…seperti yang telah di jelaskan dalam uraian di atas human error terjadi karena, tiga hal yaitu kelalaian ,kesengajaan, dan ketidak tahuan . kalau di cermatai lagi fenomena serta pelangaran yang di lakukan oleh anak – anak desa pandang dulang tersebut melibat kan multi sektor yang harus bertanggung jawab di antaranya yaitu orang tua sebagai pengawas langsung sang anak tidak melakukan peran nya secara maksimal , Aparatur desa sebagai representative pemerintah di tingkat pedesaan yang memiliki domain dalam membina warganya  belum melaksankan tugas tersebut . serta minimnya sosialisasi yang di lakukan oleh instansi polri khususnya sat lantas yang merupakan lembaga yang berwenang memberikan pendidikan ,pengetahuan serta pemahaman mengenai peraturan lalu lintas . hal itu lah yang menyebabkan anak-anak desa pandan dulang terus – menerus melakukan pelanggran tersebut . ya..bisa di hipotesakan  sedikit bahwa anak- anaka desa pandan dulang secara umum tanpa sadar baha telah melakukan suatu pelanggaran . siapakah yang bersalah ya..silahkan simpulkan sendiri ……

 ketika penulis melaksanakan Kuliah kerja nyata di desa Pandan Dulang  kec.semidang Aji Kab Oku tersebut dan setelah penulis  melihat , mengamati serta menyaksikan pelanggran – pelanggaran yang di lakukan anak- anak desa pandan dulang tersebut  naluri penulis  sebagai anggota kepolisian terketuk . .dengan segala keterbatasan penulis sendirian mengadakan program sosialisasi secara tutorial  menganai lalu lintas..alhamdulillah antusiasme pengendara pemula yang hadir pada saat itu Cukup tinggi . tak banyak yang di ingin kan penulis dari rangkaian kegiatan sosialisasi tersebut . penulis hanya berharap setelah sosialisasi tersebut si anak dapat  mengerti dan memahami tentang peraturan lalu lintas. Dengan demikian  angka kecelakan  serta pelanggaran khusunya yang di lakukan oleh pengendara pemula dari desa pandan dulang dapat diminimalisir.    
SARAN
  1. Perlu di adakanya sosialisasi secara berkesinambungan dengan sistem jemput bola oleh pihak-pihak yang berkompeten dibidang nya dalam hal ini yaitu anggota Polri khususnya pengemban fungsi tehnis Lalu lintas.
  2. Sosialisasi lalu lintas sebaikny tidak tersentralisasi pada pengendara – pengendara pemula yang berdomisili di perkotaan namun sosialisasi peraturan lalu lintas tersebut hendaknya juga menyentuh kepada pengendara pemula di pedesaan.karena pengetahuan mengenai peraturan lalu lintas di tingkat pedesaan lebih minim .
3.      Multi sektor harus di libatkan dalam menanamkan dan memberikan kesadaran tentang peraturan lintas  baik orang tua sebagai pengawas lansung anak di lingkungan keluarga  maupun aparatur desa sebagai representatif pemerintah di tingkat pedesaan agar dapat di maksimalkan

Minggu, 04 September 2011

2 kisa memiluhkan di hari jumat...


INI ADALAH KISA NYATAKU
Baturaja 02 september 2011
ceritah memiluhkan itu di mulai pada hari Jum'at tanggal 02 september 2011 ,masih dalam suasana lebaran..yaitu hari ke 3 hari raya idul fitri...,1432 hijriyah…..
sebenarnya aku masih sedikit bingung ..dari mana aku harus memulai goresan cerita ini, namun sejenak aku merenung sebaiknya aku memulainya dari subuh saja   ketika aktivitas seluruh manusia di mulai ...

pada jumat pagi itu..aku tak biasany bangun terlambat ..saat itu aku bangun setelah adzan subuh berkumandang tepatnya aku bangun pukul 05.10 Wib
pada hari - hari  biasanya aku selalu bangun pada 04.30 atau 04.15 dan biasanya aku selalu memaksakan diri untuk langsung mandi walaupun sedingin apapun cuaca pada saat itu.. tidak ada tujuan lain selain   pada waktu  sholat nanti aku bisa melaksankan sholat subuh dengan kondisi fisik yang segar   dan fress.. hal itu bisa membantu ku khusuk dalam sholat ku ,
Namun entah mengapa  ...jumat pagi itu semuanya berat,,,,mata sulit untuk di bukakan ,,,badan terasa berat untuk beranjak dari tempat tidurku… akhirnya jadila aku bangun terlambat ..sejenak   dalam benak ku terlintas fikiran …ahh….mungkin juga ini  di karenakan kondisi fisik ku sedikit menurun ..maklum dari sebulan puasa full ketika ketemu lebaran makanan apa saja di embat..hehhe..jadinya sakit dehhh...
Akhirnya subuh itu aku tak melaksankan sholat subuh  berjama di masjid . Hikkh...menyesal....coz  sholat subuh hari jumat itu pahalanya sangat besar..di banding sholat fardu lain.....
Namun dengan kondisi fisik yg masih lemah aku pun beranjak dari tempat tidurku ,,dan aku pun melaksankan sholat subuh di rumah sendirian..... (   hidup mandiri  friend…)   
pagi hari nya sekitar pukul 08.00 teman ku bernama Andika mengirim kan sms kepada ku
 " gin Orangtuanya Rudiman teman kelas III waktu sma Dulu meninggal .
sudah tau belum " ????
kita melayat yukk.... pesanya "
 sebenarnya sehari sebelum sms dari andika  tersebut sampai  tepatnya pada hari kamis pagi sebenarnya aku sudah tau mengenaai kabar duka itu karena Rudiman sendiri yang memberikan kabar sms langsung kepada Ku..namun pada saat itu aku tidak bisa melayat kesana karena harus dinas yang tidak bisa di tinggal kan.
 selain itu juga pada saat itu   fisik ku masih demam  aku belum berani berjanji untuk datang sekedar takzia kerumahnya ..
namun setelah teman ku andika mengajak ku ..untuk datang kesana aku pun memberanikan diri memaksakan kondisi fisik ku yang masih lemah...."
oke ka kita kesana melayat ketempat rudiman tapi jemput aku ya..."
 jawab sms ku pada andika....
oke jawab andika tugu aja ntar ku jemput..,,
eemm…..  rasanya kesolidaritasan ku mengalahkan hak tubuh ku untuk istirahat …..kami berdua pun pergi kerumah rudiman dengan menggunakan sepeda motor….
Ketika sampai di kediaman rudiman....assalamualakum sapa kami berdua...."
walaikum salam...( suara rudiman pelan )
sambil mata rudiman menatap ke ara kami berdua  ...
masuk  gin…masuk ka…..
setelah di persilahkna masuk langsung saja aku dan andika menyalami tangan Rudiman serta orang - orang yang sedang ada di rumahnya..
Selang beberapa menit lalu kami pun duduk bercengkerama..sambil menyantap segela minuman kopi yang di hidangkan ...
Rudi,,: sapa ku ( aku memulai pembicaraan )..sebelum nya aku minta maaf lahir dan batin mungkin selama persahabtan kita aku banyak melakukan kesalahan ...mohon ke ikhlasan nya y...
andika pun saat itu berkata dengan ucapan yang sama seperti yang aku ucapkan kepada rudiman....
ya gin aku juga ya...( jawab rudiman ) ..
aku pun melanjutkan percakapan”
  rud aku juga minta maaf ya..karena kemarin aku tidak bisa datang pada saat pemakaman orang tua mu.....sebanarnya orang tua mu sakit apa rud ???....
dengan sedikit tertunduk rudiman berbicara,,dengan mata sedikit berkaca-kaca...
sakit Gin..( suaranya pelan )..sudah enam bualan..( rudiaman pun memulai ceritan nya)
sebanra nya aku sangat terpukul gin.. ..karena minggu depan aku akan melaksanakan resepsi pernikahan Ku di belitang...,..namun setalah kejadian ini terjadi terpaksa semuanya berubah....
kemarin setalah jenazah ayah ku setelah selesai di mandikan tak ada pilihan lain , hasil rapat keluarga ku dan keluarga calon isteriku mengharuskan aku  segerah..melaksanakan akad nikah di depan jenazah orang tuah ku.... ....kemarin aku akad nikah di depan jenaza orang tua ku gin…
GRRRRRRRRrrrrr,,,(suasana sejenak hening ) bak ada halilintar yang menyambar….
ketika teman ku rudiamn sambil berlinang air mata menceritakan hal tersebut...,aku tertunduk tak kuasa mendengarkan cerita tersebut ( kenapa aku tak mengetahui peristiwa ini sesal ku dalam hat ),,,jujur aku pun meneteskan air mata..namun buru buru aku  menutup-nutupinya dengan meminum secangkir kopi yg ada di hadapan ku ..
Gin..(suara pelan rudiman kembali memanggil ku...)aku tak perna membayangka bahwa jenaza orang tuah ku la yang menjadi saksi pernikahan ku ...aku putra satu satunya gin…sebenarnya orang tua ku sangat ingin sekali menyaksikan pernikahan ku..semasa dia hidup dia sering sekali mengutarkan keinginan nya tersebut ( nafas rudiman sedikit terisak )…
Cerita demi cerita yang di sampaikan oleh rudiman membuat susana semakin mengharuhkan ...aku tak kuasa rasanya ...terus menerus mendengarkan cerita tersebut..
Akhirnya akupun berusaha mengalihkan pembicaraan.. yang sabar ya rud…kita doakan saja orang tua mu semoga di tempat kan di tempat yang terbaik disis Allah ..amin…
oh ya rud… istrimu mana dan asli orang mana …( aku berusaha mengalihkan ceritah agar dia tak semakin larut dalam kesedihan )  istri ku ada di belakang lagi beres..beres..gin di belakang  dia asli orang belitang gin..jawabnya
kenal di mana rud…??   
Aku  mengenalnya semenjak aku kerja sabagai kolektor gin….
ohhh…bukan anak konsumen tempat tagihan kan ??”hehe aku berusaha mencairkan suasana” ..bukan la Gin…jawab rudiman  dengan sedikit senyuman …sontak kami bertiga langsung tertawa ….pada saat itu teman ku andika tidak banyak bertanya karena posisi duduknya agak  berjauhan. jadilah aku yg mendominasi pembicaraan..hehehe….
suasana pun beruba dari sedih menjadi canda tawa..fisik ku yang semula masih sedikat lema ..rasanya hilang …karena canda tawa tawa tersebut….cerita pun berlanjut..
Gin u kapan nak nikah ..teman SMA kita la siap semua low…??  Lagi lagi pertanyaan itu (gerutu ku dalam hati..)…doakan saja semoga selesai kuliah….aku mau selesaikan kuliah dulu rud,…lagian juga calon nya belum ketemu rud…(kataku )
jangan terlau lama gin keburu buruk…katanya menyindirku …ahahaha suasana pun semakin ria …rasayanya pada saat itu lupa bahwa kami sedang berada di kediaman orang yg sedang berduka cita…....
semakin banyak cerita tak terasa rasanya waktu telah menujukan pukul 11.30 wib…sambil bercerita akupun melihat arlojiku …
rud,,,sepertinya sudah siang ni  aku dan andika pamit dulu ya..kan bentar lagi mau sholat jumat…
oh iya gin makasih ya terimakasi ya ka..… kedatangan nya
///ya rud…jawab aku dan andika .. yang sabar ya rud…doa kan saja semoga orang tuanya di temaptkan di temapat yang terbaik disisi Allah SWT kataku …amin…serentak kami bertiga mendoakn nya….oh  ya..ntar sore  jangan lupa dating kerumahku ya..takzia sebelum magrib sudah di mualai… ( rudiman berharap agar kami datang kerumahnya )
iy insya Allah jawab ku ……..
ketika sampai di rumah aku baru sadar ketika aku pergi dari rumah aku lupa membawa konci rumahku jadilah aku dan andika tidak bisa masuk kerumahku pada saat itu…waduuuhh bagaimna ini jam sudah menujukan 11.30..bentar lagi sholat jumat….”kata andika kepada ku” mendengar suara andika tersebut akupun tak meghabiskan waktu lama kami berdua pun lalu  berusaha membongkar secara paksa kunci rumah ku…..berbagai alat telah di cobah ..namun hasilny nihil….konci rumaa ku tetap tak bisa di buka..…cakmano ini gin…nak juma’tan..mandi belum kito ni ? suara andika menyapa ku …akhirnya kesabaran ku habis…aku pun bergeser dari depan pintu…minggir ka…menjauh dikit dari pintu…
nak ngapa kamu gino ( andika penasaran bertanya ) …
pokokny jauh sedikit…. ( Jawab ku )lalu aku mundur kira- kira 4 langka dari pitu rumahku…aku lalu mengambil ancang- ancang…dan memasang kuda-kuda dalam hitungan detik ….SIiiiaaat…..Broookk…dengan menggunkan tendangan super…RX bio…
ku tendang pintu rumah ku…gedegar…
akhirnya pintu rumha ku….terbuka…….ahahahahahhaa..hahaha sura andika…tertawa terbahak bahak- bahak..ternyata tendangan pak polisi ini walaupun sakit ternyata kuat juga…..ya…eheh
( keburu jumat ka jawab ku bentar lagi mau adzan   )
Dalam hatiku aku menyesali apa yang aku lakukan ..namun apa boleh buat tak ada pilihan lain…
Waktu pun terus berputar….setalah jumatan jumtan andika pun berpamitan untuk pergi kerumah pacar nya..
gin aku pulang ya…mau ikut dak …???
kemana jawab ku ketampat pacar dulu sudah itu baru pulang ..kerumah ku ???? sekalian maen kerumah ku ….????mau ikut dak ???
maaf ka sepertinya aku mau istirahat saja ( jawabku )aku mau tidur..
sepertinya lebaran taun ini kurang berkesan jawabku..,,aku mau memulihkan fisikku dulu siapa tau setelah tidur.. aku agak sehat…
ya  okelah..jawab andika….selmat istirahat ya….saat itu andika pun langsung pergi dari rumah ku
setelah aku meminum obat aku pun langsung  terlelap tidur…;;ZZZZzzzzz….ZZZ..ZZZZz..zzzzzzzzzzzzzzz…ZZZZZZzzzzzzz……
Waktu pun menujukan pukul 15 .30 wib di tenga lelapnya tidurku lagi lagi aku terjaga ketika adzan .sholat  Asar berkumandang ….allah Hu akbar..allah Huakbar……sura adzan terdengar jelas di telinga ku (maklum karena masjid tak terlalu jauh dari rumah ku) …akupun  berusaha bangun beranjak dari temapt tidurku..
saat mencoba bangun..UUpppzzz…
 apa yg terjadi ?????kepala ku pusing…berkunang kunang…terasa mau jatuh kalu beridiri…
 lalu aku pun duduk kembali ..
akupun lalu berusaha membaling kan tubuh ini lagi di temapt tidurku..dalam hati ku berfikir  ahhh sepertinya belum sanggup mau ke masjid..lebih baik sholat di rumah saja…
lalu akupun berbaring sebantar …
setelah istirahat  sebentar mataku sepertinya sudah tak berkunang – kunang lagi
akupun bergegas mandi untuk segera melaksanakan sholat ashar…..
setelah sholat ashar,,, akupu bersantai di depan Tv sambil duduk duduk merilekskan fisik ini yang belum sepenuh nya sehat….
Tokk,,,tokk..tok…. Asalamualaikum..
(sura salam memecahkan tatapan ku yang terfokus kearah televisi…)
walaikum salam…jawab ku….sambil menoleh penasaran aku memperhatikan ,,,siapakah yg datang ya.. ( dalam hatiku bertanya ) ….
lagi apo kak ?? sanjo yuk kak kan masih lebaran ….
Ooohhh ternyata Hendra Adek letting ku yang berdinas di polres ..yang datang ..
 masuk masuk hen…. ( ajak ku )  …
kita sanjo yuk…maen-maen kan lebaran ..( hendra mengulangi ajakan nya untuk kedua kalinya ) memangny mau kemana ??
ya..tersera kerumah teman kk atau kemana  tapi yang jelas maen ketempat cewek saja
( sambil tersenyum hendra menatap kepada ku )  …
aku kan orang palembang jadi dak terlalu banyak teman di baturaja ni…
okelah kalau gitu ….jawab ku
sejenak aku berfikir mau kemana ya..  sebenatar ya…aku sms teman –teman ku dulu….1..2..3..4… sahabat wanita kuwaktu sekolah dulu … cuba kuhubungi  namun balasan dari sms yang aku kirim rata – rata menjawab…maaf gin aku sedang tidak ada di  rumah….maaf gin malam aja ya..kalau mau kerumah coz….sore ini  aku sudah  ada janji dengan teman juga …maaf ya gin aku sedang mudik….
Na  hen bagai mana ini teman – teman ku yang cewek sedang tidak ada di rumah semua ???
tetap mau keliling apa ?? (tanyaku kpd hendra )…
Yooo la kak dak ap – apa …penting kita keluar dulu…( hendra meyakinkan )
ok kl gitu…kita berangkat …tapi pakai motor hendra saja ya…motor kk di tinggal saja karena fisik kk lum cukup sehat mau membawa motor ,,,,( Pintaku ) ….
gampang la itu kak ..penting kita keluar dulu ….( jawab hendra )
akhirnya sore itu kami berdua pun pergi bersilaturohim berkeliling kota  baturaja…
Ketika waktu menukjkan pukul 17.45 wib.. perjalanan silaturohim aku dan hendra sore itu pun berakhir…
hen kita pulang bentar lagi magrib….  
kita langsung kerumah hendra saja kk sholat magrib di masjid dekat rumah hendara saja ….
  ..sudah tu baru kita mencari makan malm ..bagai mana  ????? tanyaku kpd hendara ) 
yo kak …”jawab hendra “
Saat magrib tiba akupun berjalan kaki menuju masjid melaksankan sholat magrib di masjid yang kebetulan jaraknya hanya +/-30 meter dari kediaman hendra teman ku……dan akupun melaksanakn sholat pada saat itu ….sedangkan hendra mandi di rumahnya …
Setelah melaksankan solat kami pun bergegas berkeliling kota baturaja untuk mencari makan malam,,,,namun setelah puas berkeliling tak satupun kami mendapati rumah makan yang buka
 ( maklum masih suasana lebran kali ya )….
kak kita makan pecel lele saja kak..di jalan lintas….( Tanya hendra  )
emang ad yang buka ???  
 ya ka k ada tadi aku liahat ..
ya sudah kit kesana…
hendra pun memacu kendaraan Mega pro nya menuju temapa pecel lele tersebut ..
 setelah tiba di warung pecel lele kira – kira pukul 06.35 wib kami berdua pun makan malam di warung tersebut dengan lahapnya……
ketika waktu menujukan pukul 18.50 kami berdua pun bergegas meninggalkan warung tersebut ..hen kita pulang kerumah kk dulu …..
kk mau mandi dulu suda itu ntar malam kita keliling lagi tempat teman kk  yg kk smsi sore tadi ,,, ….” Tanyaku pada hendra
“ oke kak jawab “hendra “….
setelah samapai di rumah aku pun bergegas mandi karena waktu sudah menujukan pukul 19.12 wib itu berarti sebentar lagi shlat isya tiba…..
 saat aku baru selesai mandi adzan sudah berkumanddang ….dan kau sedikit buru buru merapikan..pakaian ku…..waa sudah adzan…( dalam hatiku ) akupun buru-buru menyelesaikan mandi ku dan segera merapikan pakaian ku dan segera menuju masjid di dekat rumah ku …
Hen kk pinjam motor mu ya…????  
kk mau kemasjid sebentar mau sholat isya…
.( pada saat itu motor yamaha vixon ku sedang berada di dalam rumah ..perasaan malas mengeluarkan motorku jadilah malam itu aku pergi kemasjid dengan mengguanakan motor mega pro milik hendara..yang pada saat itu msaih berada di luar rumah ku …)
yoo kk pakailah…
tapi ati..ati..kemarin tu motor kak tedi( polisi )  la ilang …malam – malam beginila…
ya henn tenang saja,,,,kk bawak kunci tambhan gembok besak  …. jawab ku meyakin kan

Aku pun berangkat menuju masjid dengan menggunakan motor mega pro …bismillah….
..saat samapai… di masjid aku memasukan motor  itu kedalam pagar masjid ramadhan … sebelum aku memasuki masjid tak lupa…aku mengoncikan motor mega pro tersebut …merasa kurang aman aku pun memasang kunci tambahan gembok besar yang pada saat itu …aku pasangkan di rantai motor,,,  setelah merasa cukup aman akupun menuju temapt wudhu karena jari jemari ku hitam..terkena oli yang melekat pada saat aku memasanga kunci tambahan di rantai motor …setalah aku mencucui tangan ku aku pun segera memasuki masjid…..

Saat sholat..entah mengapa pikiran ku tak tenang…melayang – layang rasanya ……
AssAlamu alaikum Wr.wb… imam pun mengakhiri shlat isya…serenatk jamaah mengikutu imam tersebut ..pertanda sholat telah selasai…
,,karena pikiran ku tak tenang entah mengapa…selesai salam aku langsung bernjak dari temapt duduk ku…tak seperti biasanya ( biasanya aku menyempatkan diri untuk berdzkir ,shlat baadiah terlebih dahulu sebelum pergi walaupun Cuma sebentar ) namun malam  itu  entah mengapa sepertinya ada yang berusaha mengangkatkan badan ku dari tempat duduk ku…( ayo gin..bangun..cepat. terasa ada yang berbisik begitu di telinga ku.)…
 Saat pintu masjid ku buka…hendak keluar….
tatapan ku menuju temapt di mana aku memarkir Kan motorku…..
motorku…..!!!!!!  mana motor ku…?????  Mana motorku…??? Aku langsung berlari keseliling masjid..berharap aku bisa menemukan motor mega pro itu…… namun aku tak menemukan nya ….akupun tertunduk lesu…lemas…motorku hilang…motorku hilang…sambil mengucap “ inna lillahi wa inna ilaaihi rojiuun.” Lantunan kalimat suci itu terus menerus ku sebut sambil berusaha melihat lihat dan berusah bertanya ke orang – orang  yang tidak jauh dari sekitar masjid tersebut….namun tak satupun aku menemui orang – orang di sekitar situ..(memang suasana di sekitar sana sedikit sepi )..para jamaah yang mulai keluar masjid pun ,,bertanya,,,Tanya..
ada apa gin..????
motor ku ya…usztad…motor ku hilang…..
astagfirullah…para jamaa  serentak menjawab…..
salah satu jamaah bernama andi masjid langsung berlari ..kak biar aku Tanya dengan teman – teman yg duduk di persimpangan sana.  kali saja mereka ada melihat…
ya..andi…cepat ya…jawabku
ya…kak….
Pikiran ku semakin kalut…aku langsung…mengambil Hp nokia ku di dalam saku ku..dan aku langsung mengirim kan sms kepada hendra yang pada saat itu sedang berada di rumah ku …
“ hen motor ilang “ aku mengirimkan sms seperti itu
Sms nya singkat …karena panik…
Setelah sms ku kirim ..aku langsung bergegas berlari menuju rumah ku…dengan napas yang sedikit terngas – engas ( maklum fisik lum sehat betul ) aku berlalri menuju rumah ku…di tenga perjalanan aku bertemu dengan hendra yang juga pada saat itu sedang berlari ..menuju masjid tempat di mana aku sholat……
“ yang benar  Kak ??? motor ilang nian ap ??? “ waja hendra terlihat pucat “
Ya…hen..motor ilang …
Kk konci dak motornya…??? Hendra bertanya..( wajanya sedikt kecewa sambil menatap kepadaku )
Iya kk konci…malahaan kk tamba gembok tambahan ..hen…
Kok bisa y ???? ( hendar bertanya kembali )
Kk juga dak tau hen …canggi nian kayaknya maling ni….
Pokoknya kita keluarkan motor kk dulu kita kejar dulu untung belum lama ..
Yoo..yoo kak…  ( jawab hendra)
Saat tiba di rumah ku akupun buru-buru  mengeluarkan motor ku….kami berdua langsung mengejar kea rah batu kuning dan lubuk bantang ..berharap para pencuri itu berlari kea rah sana ..saat itu mungkin kecepatn motor ku kira-kira 100 Km/jam …..
Setelah jauh berjalan ….
Eeehh dalam hatiku berfikir…ini mau ngejar kemana…ini ???
“Sama aja bohong dalam hatiku ..kalu mengejar tampa ara gini…”
Kak Hendra menyapa ku ::’’’’
Kita laporkan dulu keseluruh teman teman yang sedang dinas kak..biar bisa di lakukan 21 ( razia) di perbatasan- perbatasan baturaja…
Ok hen jawab ku…
Saat itu juga melalui HP ( hand phone ) semua buser,,dilapangan intel – intel..serta polsek – polsek seluruh jajaran telah kami laporkan perihal kejadian itu….berharap apa bila melihat kendaraan mega Pro warna hitam polos dengan no.pol Bg 4662 rl dapat menjaring nya ..

Selain itu juga aku mengabari teman –teman ku ..untuk meminta pertolongan …
Selang bebrapa menit teman.teman ku pun datang…
Ilang diman gin ???
Kapan ???
…di masjid kwan …barusan saja waktu aku sholat isya tadi…
Di sela-sela pembicraan tersebut..
Sala satu dari teman ku menyaran kan
Kita ketemapt oarng pintar aja dulu ???? aku punya kenalan ustadz…x aj dia bisa bantu???
Ya,,,gin…serentak  teman teman yang sedang berkumpull menyaran kan hal yang sama ..

Aku berfikir sejenak …dalam hatiku berfikir,,” ahh rasanya paling malas berurusan dengan ramalan-ramalan seperti ini “ ( terus terang aku selama ini paling tidak percaya dengan kemampuan kemampaun magis..)..
Namun teman .teman …semakin mendesak ku…
Akhirnya tak ada pilihan lain…
Ok …jawab ku..diman tempat ustadz..itu..??
Di masjid asholihin ..pasat atas..
Ohh..masjid itu jawab ku… aku tau..aku tau..aku kenal ustadz itu..jawab ku …
Let’s go….
Kami pun berangkat…..

Ketika samapai di masjid itu…kamipun langsung menemuia ustztad itu.lalu aku pun menceritahkan ..perihal kejadan tersbut…( dengan suasana yang akrab aku pun bercerita..)
‘ dalam hatiku berfikir sosok ustadz ini tak asing bagi ku ..karena dia adalah imam di masjid ini ,,namun aku tak tau kalau dia memiliki kemampuan lain…”

Saat itu dia mengatakan ,,bahwa motor mu ini masih di seputaran baturaja..di endapkan nya dahuluu…ntar kalu suasana suda mulai dingin..di akan bawa keluar kota baturaja….

Seperti yang kuduga ..\tak ada yang bisa di harapka dari oarng pintar..tak ada kepastian sama sekali…( sedikit kecewa )

..akupun tak putus asa,,,malam itu akupun mengumpulakan teman – teman ku…
Sukarna, wendra,maradona,medi, tahidi,kk ku solihin..Hehdra..dll.. ku ajak bergadang di perbatasan kota.. kali saja ntar tenga malam..pencuri itu lewat…..
Kami pun berbagi menjadi 2 kelompok……
Waktu demi waktu pun berjalan…jam..00.00 wib.. jam 01,00 Wib.. jam 02 .00 Wib ..sepertinya tak ada tanda – tanda..pencuri tersebut akan lewat..
Akhirnya aku memutuskan menyuruh teman – teman ku pulang ..
Aku merasa tidak enak ..karena mereka besak harus bekerja…
Wenn..sukarna..silahkan pulang..kalu sudah ngatuk..besok kamu kan mau bekerja…ini sudah malam….
Iya..gin..kami pulang ya…kalau ada apa-apa kabari kami ya..
Oke…terimaksih ya,,, bantuan nya
Sama-sama kawan jawab mereka serentak….
..matakupun  sudah mulai ngatuk..badanku juga sudah mulai menggigiil..walau sudah memakai jacket kulit..tetap saja menggigil..mungkin karena badan belum se utuh nya fit ( fikirku )
Akhirnya aku pun memutuskan pulang…kerumah…

Dan saat itu teman teman ku pun ikut pulang kerumah ku..dan menginap di rumah ku…

Saat tiba di rumah ternyata ibu,bapak ku sudah menunggu kedatangku di rumah..ternyata orang tuaku tau kbr bahwa aku baru saja kehilngan motor …..dalam hatiku bertanya kok orang tua ku tau ..peristiwa ini…padehal aku tak berniat memberitau kabar ini dalam “ hatiku bertanya ahh mungkin kk ku  solihin   yang memberitahukanya kerena saat itu aku memeng mengabari kak solihin   .. yang saat itu sedang berada di desa.. ..ternyata orang tua ku berangkat kebaturaja malam malam dengan menumpang kendaran keluarga ku yang kebetulan pada malam itu mau kebaturaja juga,,,,
..setela bertemu orang tuaku akupun menyalami dan menyujuti tangan ibu ku…
..yang..sabar ya,,nak…kata ibu ku…sambil menangis..meneteska air mata….ini cobaan untuk kita….
Sejenak suasana jadi hening rasa ngantuku pun jadi hilang…karena tangisan ibu..ku…
Ibu lalu menasehati…” berarti dalam harta  yang sedikit kita miliki ini masih ada hak orang lain yang tidak kita berikan ,,,Jadi Allah memberikan nya dengan cara yang lain ..jadi sabar ya,,,ini ujian untuk keluarga kita..
Ya…mak….!!Jawab ku tertunduk perihatin,,dengan tangisan ibu ku…..
“ hati ini berkecamuk ..dan merontah..sambil berdoa ya Allah hari ini aku membuat ibu ku menaggis…maaf kan aku ya Allah  ampuni aku ya Allah..“

Nak setau ibu mu ini …kita  tak perna mencari nafkah dengan cara yang haram..mencari nafkah dengan memeras  keringat orang lain..ataupun  ..memakan makanan hasil dari kerja keras  orang lain ….orang tua mu ini selalu berusaha baik dengan orang lain…
Tapi kenapa kejadian nya menjadi begini..,,ya nak……kenapa balasan nya begini…
Tetesan air mata ibu semakin menjadi jadi…
Dalam hening nya malam ketika semua orang telah terlelap tidur..akupun larut dalam penyesalan….

Tak ad suara tak ada jawaban semuanya jadi hening…
Ya.,,,sudaha hari sudah larut..tidurla…ibu ku menyuruh  kami istirahat…lalu kami pun tidur…mengambil posisi tidur,,,

Di saat teman –teman ku terlelap..aku maka menggigil kedinginan ..dan tak bisa tertidur…
Dalam benaku terlintas…
Ya..Allah maaf kan aku hari ini aku membuat ibu ku menangis…aku menamba beban fikiran nya ..ampuni aku Ya Allah…
Dalam benaku ku juga selalu terlintas dan berfikir Ya..Allah..Bagai mana cara aku mengganti motor hendra yang hilang itu…
Berikan petunjuk mu…
15 jutah rupiah…bukan harga yang murah…
Harus kah motor vixon miliku ku berikan kepada hendra sebagai gantinya,,,, …
Padehal motor itu susah paya aku mendapakan nya..saat itu untuk mendapatkan motor vixon itu aku rela sebagaian gaji ku terpotong hanya untuk membelinya….
“ fikiran itu semakin berkecamuk dalam benak ku ..tak terasa hari sudah subuh..
dan malam itu aku sama sekali tak dapat memejamkan mataku…

pagi..agi sekali aku sudah menemukan solusi apa yang haru aku lakukan ..dari musibah ini
dalam benak ku terlintas
ahh….dari pada aku menambhkan beban fikiran orang tua ku lagi lebih baik motor vixon ku itulah yang ku berukan kepada hendra… ..
.gayung pun bersambut..hendra mau menerima motor vixon ku sebagai gantinya…
Hen…maafkan kk ya..kk tidak amanah atas apa yang hendra titipkan dengan kk..
Ya…sudahlah kak..nama nya musibah..
Yang penting kita jangan putus tali silaturohim..” ungkap hendra “ jadiakn ini pelajaran….
Akhiranya aku pun harus merelahkan motor ku untuk orang lain…s\

-The end-
                                   

“ harta itu adalah tamu…yang akan datang dan pergi “

Saat ini mungkin tamu kecil itu sedang pergi dari ku namun dia berjanji dan berbisik pelan kepada ku.. gino tunggulah ya…suatu saat kami akan datang lagi.. dengan jumalah rombongan tamu yang jauh lebih banyak lagi.siapakan dirimu untuk dapat menyambut tamu- tamu itu
( gino maku suci )

maaf kalu ngetags tanpa permisi..sekedar ingin share.....