Minggu, 04 Desember 2011

Selalu Ada hikmah tersirat


Semoga dalam article ini tidak ada unsur-unsur Riak ,pamer dan sejenaisnya ..yang ingin di kedepan kan penulis . tidak ada lain tujuan aku menuliskan cerita ini. Aku Hanya sekedar ingin menunjukan bahwa…Allah itu sunggu menyayangi hambanya . dia sangat mengetahui mana yang terbaik untuk hambahnya  boleh jadi sesutau yang terlihat buruk , namun sebenarnya  itulah yang terbaik untuk. kita ( just to share my experience)
4 jam sudah berlalu  namun saat itu aku juga tak menemukan  mobil yang dapat ku tumpangi  ..saat itu aku dari Prabumulih..mau pulang kebaturaja..tidak begitu jauh si….Cuma 2 jam perjalanan denagan mobil.  saat itu aku sudah mulai lelah menunggu mobil travel yang biasanya ramai melintasi kota prabumulih itu .namun entah mengapa saat itu begitu sepi..dari pagi menjelang siang tak satupun mobil travel yang dapat ku temui ..saat mulai lelah aku pun beranjak dari tempat ku beridiri saat aku menoleh kebelakang..tempat di mana aku menunggu travel ..dari kejauhan aku melihat seorang ibu beranjak tua…sambil menggendong anaknya  beserta 3 orang bapak-bapak dan satu orang remaja muda yang sedang menunggu travel kebaturaja juga …
Ketika waktu menujukan pukul 12 suara adzan zuhur  terdengar jelas di tempat kami menunggu travel..karena masjid tak  terlalu jauh dari tempat kami menungu saat itu akhirnya aku memutuskan untk kemasjid dulu…too saat itu juga mobilnya belum ada fikirku ..aku bergegas menuju masjid yang kira-kira 45 meter jaraknya dari tempat kami menungu mobil tavel..dan saat itu akupun mengerjakan sholat Zuhur berjamaa di masjid tersebut..sedangkan rombongan bapak-bapak beserta seorang ibu yang beranjak tua beserta anaknya tetap menuggu di tempat itu..menunggu kedatangan mobil yang akan menuju kebaturaja.
Sesaat setalah aku mengerjakan sholat zhuhur aku pun bergegas kembali ketempat di mana aku menunggu mobil tadi…ketika sudah sampai di tempat tersebut  aku sama sekali tak mendapati rombongan bapak-bapak serta ibu dan anakny yang tadi bersama ku . dalam hati ku bertanya….na lo…kemana mereka…????
Saat itu aku bertanya  dengan salah seorang tukang parkir yang berada tidak jauh dari tempat kami tadi menuggu mobil..pak permisi..numpang Tanya ,,rombongan yang di sini tadi kemana ya…???? Yang mana ( jawab tukang parkir) yang mau pulang kebaturaja tadi ya..( Tanya si tukang parker)
Ya..pak….diman mereka ya,,,??? Oh..mereka sudah beragkat  mas…tadi belum..lama mungkin waktu mas sedang sholat tadi x….barusan travel 2002 warna hitam yang mereka naiki..ohhh  begitu ya…oke mas makasih ya….jaawab ku saat itu..
Dalam hati ku sedikit menggerutu…ya,,terlambat…tp tak apalah..to….masih jam 12 lewat juga mungkin masih ada mobil yang lain..saat itu sambil menunggu mobil aku pun mulai merasa lapar.dan saat itu aku pun membuka bekal roti yang berada dalam tasku . sambil menunggu datangnya mobil..ku habiskan makan itu…menit jam pun silih berganti tapi mobil yang dinanti pun tak kunjung datang…aku mulai gerah…dengan situasi saat itu..waduhh..mana ni mobil hampir setenga hari kok dak dapat – dapat mobil ni…..di saat aku menuggu datangnya mobil tiba-tiba aku di kejutkan dengan 3 orang dan salah satu dari mereka menyapa ku…mau kemana mas…kebaturaja ya,,,,
Iya..mau kebaturaja . ada apa mas ???tanyaku… ahhh ndak kami juga mau kebautraja juga,,,,sedang nunggu mobil juga….ohhh jawabnku…ya sudah kita barengan saja….saat itu aku sedikt lega karena memiliki teman yang mau berangkat dengan tujuan yang sama ….waktu pun berjalan dengan cepatnya namun mobil yang kami tunggu juga tak muncul-muncul juga …ketika waktu ashar tiba tepatnya pukul 15.20 wib  suara adzan lagi-lagi terdengar jelas di telinga ku..dan saat itu lagi lagi aku tak kuasa menolak panggilan sholat itu, aku tak kuasa menolak dan mengabakan panggilan suci itu, aku pun bergegas meninggal kan tempat dimana aku menunggu mobil.aku pun bergegas menuju masjid untuk mengerjakan sholat ashar. Namun 3 oarang yang menyapaku tadi tetatp menunggu di tempat pemberhentian mobil tersebut , sesaat setelah mengerjakan sholat ashar aku pun kembali ke Halte tersebut, namun untuk ke 2 x nya mataku terbelalak seakan tak percaya ,lagi-lagi untuk kedua kalinya orang yang bersama ku tadi sudah berangkat saat aku mengerjakan shoalat…saat itupun aku sangat kecewa , sangat-sangat kecewa , karena hari semakin sore , akupun berusaha menghapuskan kekecewaan ku dengan  berntanya kembali dengan seorang tukang parkir yang tidak jauh dari ku. Saat itu aku bertanya , mas kok susah sekali mobil mauh kebaturaja, biasanya tidak sesulit ini kok,,( dalam hatiku berdsisik ini bukan pertama kalinya aku keprabu , dan biasanya aku mudah mendapatkan mobil yang mau ke baturaja )  tukang parkir itupun berkata, begini mas sekarang ini ada aturan baru di Prabumulih ni…sekarang kan ada jalan lingkar yang baru di resmikan  , jadi peraturan nya mobil angkutan Umum tidak boleh melewati jalan poros kota , mesti lewat jalan Lingkar, kalau pun ada angkutan umum yang melewati jalan poros kota ini itu sifatnya kucing-kucingan sama Polisi daN dishub Makanya kalau ada travel yang berhenti di sini mereka tak mau berhenti terlalu lama , mereka tak mau mengambil resiko di tilang Polisi atau dishub.. saat itu aku terperanga…OOOOoooohh pantesan…. knp dak ngomong dari tadi (gerutuku dalam hati )..saat itupun tukang parkirpun menyaran kan ku agar naik angkot dulu ke ujung kota menuju ke jalan lingkar yang kira - kira jaraknya 5 km dari pusat kota karena di sana lah jalan lingkarnya disanalah bisanya orang-orang menyetop angkutan umum yang mau kebaturaja..tuturnya,  saat itupun aku mengikuti saran tukang parkir tersebut , aku pun beranjak pergi menuju tempat seperti yang di sarankan oleh si tukang parkir dengan mengendarai ojek. Sesampainya di sana benar saja banyak orang yang sedang menunggu angkutan menuju ke Ara baturaja ,dan sekitarnya ,1,2,3,4 orang sedang berdiri di persimpangan, ketika aku menghampiri mereka ternyata  tujuan  meraka  berbeda ,beda ada yang kebaturaja , ada yang ke marta pura ,ada juga yang hanya sampai di perbatasan kota Prabu mulih saja, dan saat itupun aku bergabung bersama mereka .  menit jam pun berjalan begitu cepatnya , namun mobil yang di tunggu pun tak kunjung datang, walaupun ada yang datang semua mobil sudah dalam keadaan penuh  semua,.. ya maklum saja kerana hari itu hari minggu , hari libur,, dan tempat kami menyetop mobil pun berada di ujung kota ,,jadi wajar saja kalau semuan mobil ketika melewati kami sudah dalam keadaan penuh semua. Saat itu hari semakin sore, di barengi cuaca mendung dan bercampur kilat menamba kekesalan suasana hatiku  yang semakin tak menentu , dalam hatiku ,,sial benar hari ini…waktu sdh menunjukan puku 17.30 wib tapi masih saja tak mendapatkan mobil . dalam kekecewaan ku dan penantian ku tersebut aku di kejutkan oleh sepeda motor Smas warna kuning yang tiba – tiba menghampiri ku ,,sanagt dekat hamper-hampir saja menabrak..dalam hati ku ini siapa,,,ketika aku memperhatikan nya suara klason motor tersebut kembali mengejutkan aku ,, rasa penasaran ku baru terobati stelah pengendara sepeda motor itu membuka helm nya…Haiiii Gin mau kemana …pulang ke Bandar agung apa sapa pengendara motor smas itu  ( Bandar Agung adalah desa tempat aku di lahirkan yang berjarak kurang lebih 50 menit dari baturaja ) waaaa….  Ternyata kamu rahman ….kirai syp ..iya mau ikut apa pulang Ke bandar agung  dia menawarkan ( rahman adlah seorang teman yang tinggal di bandar Agung juga )  lalu saat itu aku pun berkata , idak kebaturaja apa rahman aku mau pulang kebaturaja. Saat itu rahman berkata ..ya..no maaf ya aku dak nyampai kebaturaja …mau pulang ke Bandar Agung,,langsung tapi kalau mau pulang ke Bandar agung ikut aku saja …katanya.. saat itu pun aku berfikir ..ah rasanya tidak mungkin  naik motor sudah sore mau menjelang magrib  mana mau hujan lagi..dan saat itu rahman pun pergi meninggalkan ku karena aku menolak ajakan nya .. …cerita pun berlanjut saat itu akupun melanjutkan penantian ku ,,waktu menunjukan pukul 17.45 aku semakin kalut tak kuasa lagi ransanya menunggu seharian ..percuma menuggu disini mobilnya selalu penuh,,
Tak menunggu waktu lama akhirnya aku memutuskan meninggalkan tempat tersebut , aku berfikir sudah mau magrib lebih baik aku kembali lagi kebelakang menuju pangkal  kota prabumulih sekalian menuju rumah makan siang malam ,supaya bisa sholat magrib di sana dan seklian juga mengisi perut yang seharian belum sempat terisi nasi…saat itu pun aku mengajak rombongan yang sedang menunggu mobil bersama ku agar menunggu mobil di rumah makan siang malam saja..namun  mereka bersikeras tetap mau menuggu di situ saja……saat aku berjalan meninggalkan mereka  hujan gerimis pun sudah mulai turun ..dan saat itu selang beberapa menit hujan pun turun dengan derasnya aku berusaha mencari tempat  yang bisa di jadikan untuk berteduh  namun sudah terlambat lokasi tempat berteduh terlalu jauh dari jangkauan ku..karuan saja saat itu bajuku basa di guyur air hujan ….. ya Allah saat itu rasanya puncak kekesalan ku ..kenapa hari ini begitu sial… ( gerutuku dalam hati ) ketika aku berlari menuju tempat untuk berteduh dari kejauha an aku melihat angkot yang menuju kearah ku , aku pun segera melambaikan tangan pertanda ingin menumpang,,saat angkot itu berhenti  akupun tak panjang lebar beribicara dan langsung saja berkata kepada sopir…Ke siang malam kan  pak… ???ya  naik lah…..akupun segera menaiki mobil tersebut.. sembari duduk di mobil angkot itu aku berusaha mengelap – elap pakaian ku ..ketika aku berusaha merapikan pakaian ku tak sengaja pandangan ku tertuju kepada rombongan yang  tadi bersama ku saat menunggu mobil kebaturaja . saat aku sudah menaiki angkot tujuan ke Rumah makan Siang malam  dari kejauhan aku melihat rombongan yang bersama ku tadi teryata menaiki sebuah Mobil Travel warna Hitam…tujuan Baturaja…..ya…dalam hati ku sedkit bersedih ..coba kalu seandainya tadi aku tunggu saja disana mungkin aku sudah kembali kebaturaja bersama mereka…
Di sinilia Innayatullah mulai terlihat..saat turun dari angkot yang kunaiki sesaat aku tiba di Rumah makan siang malam , saat aku mau turun dari angkot tersebut waktu aku mau membayar ..dan mengeluarkan uangku..tiba-tiba sopir angkot tersebut berkata…dak usa dek..dak usa di bayar…( low kenapa mas kataku >..ya Nggak usa…tiba- tiba angkot tersbut berlalu meninggalkan ku begitu saja  dalam hatiku berfikir ada apa memang nya  teman bukan segala bukan , kok dak mau di bayar,,,Al hamdulillah rizki…hehe… pertolongan Allah Ternyata Bukan Hanya itu saja . Waktu di rumah makan siang malam sesaat aku selesai mengerjakan shoalat magrib , aku bergegas menuju temapt sakim Bakso ..di sana aku mengisi perutku dengan memakan semangkok  bakso dan beberapa jenis makanan lain nya ..saat aku sedang emnyantap nikmatnya bakso..aku kembali di kejutkan dengan seseorang yang tiba-tiba memukul perlahan pundak ku dari belakang…heii….Gin…ketauan kamu…ngpain di Prabu…ayo..ngapain..di prabu….tanya nya..saat aku menoleh kebelakang…Subhanaallah ternyata Yoga teman ku sekaligus tetangga ku di baturaja…haii ga dari mana kmu..na gino sendiri ngapain disini…Aku dari dari rumah pacar ku ga…tapi pulang nya kemalaman  dak dapat mobil….lagi..nunggu di sini kali aja dapat mobil….la kamu ngpain di sini ga… ohhhh begitu…aku dari Palembang no…ni mau pulang kebaturaja…..ya udah gin…kamu ikut aku saja ..kebetulan aku membawa mobil sendiri….bener nig a…ya bener …Ok deh  ga..makasih ya…ok sama- sama  ..
Saat itu akupun  pulang  kebaturaja dengan  menumpang kendaraan teman ku Yoga . ternyata Allah memang punya rencana Lain..padehal hari itu aku sudah berburuk sangka..pada Allah bagai mana tidak 2 kali aku ditinggalkan Mobil yang mau kebaturaja saat aku sedang sholat.. . Hehehe..ternyata Allah mau memberikan Aku yang gratisan ..hehehhe..Mungkin ini buah hasil dari kalau kita mendahulukan allah…Mungkin Ini Hikmah kalau kita mengutamakan sholat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung Blog yang baik adalah yang meninggal kan bekas...
jangan perna ragu menyuarakan pendapatmu....