Kamis, 04 Agustus 2011

Pengabdian mahasiswa Di desa Pandan Dulang




Rabu 20 juli 2011 tepatnya pukul 11.00 Wib 15 mahasiwa   unbara dari berbagai jurusan & berbagai program study di berangkatkan Dari Unversitas Baturaja menuju Ds Pandan Dulang..tujuannya yaitu realisasi dari tri dharma  perguruan tinggi ,pendidikan, penelitian & pengabdian . mahasiswa sebagai salah satu agen of change dalam tatanan hidup bermasyarakat di harapkan bisa menggali segala potensi yg terdapat pada tempatnya mengabdi..menguba pola hidup masyarakat kearah yg lebih baik,menggali sumber-sumber sda/sdm yg selama ini tak di potensikan ,merangsang kretifitas masyrakat dan mahasiswa di harapkan dapat belajar bersosialisasi dengan masyarakat pedesaan . serta yang tak kala pentingnya yaitu mahasiwa di harapkan mampu  belajar tentang kearifan – kearifan lokal tempat mereka berdomisili .
            Minggu pertama pada tahap observasi desa, penulis  sangat tertegun dengan potensi-potensi di temukan yang di miliki oleh anak-anak desa pandan Dulang ..terlepas dari dinamika potensi lain yang sangat potensial yg di milki desa pandan dulang .hasil dari kunjungan kebeberapa tokoh masyarakat penulis banyak menemukan sejuta dinamika prestasi mulai dari prestasi akademis,agama,olahraga dll yang di raih oleh anak-anak desa Pandan Dulang di antaranya yaitu tartil Al-quran,group robana anak-anak yg sudah menembus level provinsi dll. belum lagi segudang prestasi individu masing-masing anak yang di raih di bangku sekolah. benar-benar satu Fenomena yang membanggakan . ternyata hidup terisolir dari perkotaan dengan segala keterbatasan infrastruktur,fasilitas, prestasi bukan menjadi hambatan untuk di raih bagi anak-anak Di desa Pandan Dulang .fenomena tersebut membangkitkan  rasa human interest penulis beserta 14 rekan mahasiswa lainnya untuk ikut berpartisipasi dalam rangka berkontribusi memajukan untuk  ikut serta mencerdaskan anak-anak bangsa sebagai generasi penerus khususnya anak-anak desa pandan dulang .
“sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya” jika seekor cakcing saja sangat bermanfaat untuk tanah dan tumbuh-tumbuhan disekitar dia hidup tentunya manusia selaku mahluk paling sempurna dihadapan Allah human being as anima intelectiva   diharapkan dapat melakukan sesuatu yang jauh  lebih bermanfat dari sekedar yang di lakukan oleh seekor cakcing Animal As Anima Sensitivia .dari itulah penulis beserta 14 Rekan mahasiwa lainya berusaha keras agar selama tinggal  di desa Pandan Dulang ingin sekali melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk warga desa Pandan Dulang 
mengabdi itu indah........
            Realisasi dari niat baik tersebut , 27 juli 2011 Penulis beserta 14 mahasiswa lain nya   membuat program  kelompok belajar anak-anak SLTP di desa pandan dulang,secara gratis tanpa di pungut biaya ,walau informasi tersebut di sampaikan  hanya melalui media oral,antusiasme anak-anak desa pandan Dulang untuk kedua kalinya membuat takjub Hati penulis curiositas anak-anak desa pandan dulang untuk memperoleh ilmu luar biasa , hal ini tak perna di temukan sebelumnya oleh penulis terhadap anak-anak yang hidup diperkotaan.    
     ketika program pembelajaran di mulai ,mata penulis untuk kesekian kalinya berminar-binar berdecak kagum dengan kemampuan dan daya tangkap anak-anak desa pandan Dulang ,sama sekali tak seperti persepsi selama ini yang berkembang ,yang meyatakan bahwa anak- anak yg hidup di pedesaan cenderung kecerdasan yg di miliki di bawa rata-rata.namun fakta yang di temukan sungguh mencengangkan …suatu fakta yang berbalik 180 derajat..(aku bangga dengan kalian adik-adik ku )
saat article ini di buat . penulis beserta mahasiwa lain nya sedang memperjuangkan    membuat taman bacaan untuk anak-anak desa pandan Dulang, masing-masing mahasiswa menyedekahkan 3 s/d 5 atau lebih buku untuk di sumbangkan kepada anak-anak desa pandan dulang untuk di kumpulkan menjadi satu, dalam suatu wada Taman bacaan bersama . semoga dengan adanya taman bacaan tersebut anak-anak desa pandan Dulang dapat mengeksplorasi ilmu lbih tinggi lagi….karena penulis yakin kelak dari desa pandan Dulang akan lahir Seorang pemimpin Yang bermoral serta memiliki kejeniusan yang jarang di milki oleh orang lain ,
Harapan kami semoga sederet program baik fisik maupun non fisik yang sedang dikerjakan sekarang dapat terealisasi secara maksimal. (Gino makusuci)
Salam……..!!!!!
Mahasiswa kkn universitas Baturaja angkatan ix 2011